(STIBA.ac.id) Makassar – BRTM Anas bin Malik Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengadakan kajian spesial dengan tema “Agar Cinta Tak Berakhir Luka” pada Jumat (09/02/2024). Kajian Spesial Pemuda UKK BRTM Anas bin Malik STIBA Makassar tahun 2024 merupakan salah satu kajian yang membahas isu-isu yang kerap muncul di kalangan pemuda, seperti peringatan “Valentine’s Day.” Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa STIBA Makassar dan terbuka untuk masyarakat umum, dengan mengundang perwakilan dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di sekitar STIBA Makassar.

Tujuan utama dari kajian ini adalah mencegah pemuda, khususnya muslim, agar tidak terjerumus dalam tren-tren yang berasal dari luar Islam. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ustaz Muhammad Nirwan Idris, Lc., M.H.I., yang menguraikan berbagai permasalahan yang dihadapi generasi milineal saat ini, terutama terkait interaksi dengan lawan jenis.

Ustaz Muhammad Nirwan Idris memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa STIBA Makassar agar berhati-hati dalam berinteraksi dengan lawan jenis. Ia secara rinci menjelaskan bahaya godaan wanita bagi para penuntut ilmu, menyatakan bahwa wanita merupakan fitnah terbesar bagi kaum lelaki.

“Apalah artinya cinta, jika kita harus menangis terluka di atas perasaan yang seharusnya indah,” ujarnya saat memulai kajian.

Dalam paparannya, ia menyoroti permasalahan umum pemuda yang mengekspresikan rasa cintanya dengan cara yang tidak sesuai dengan syariat Islam, seperti bermain-main dengan lawan jenis yang bukan mahramnya, dengan dalih cinta. Ia menegaskan bahwa solusi yang tepat adalah dengan menyalurkannya di tempat yang halal, atau jika tidak memungkinkan, dengan menjaga diri dari fitnah wanita dan bertakwa kepada Allah.

Ustaz Muhammad Nirwan Idris kemudian mengutip perkataan Ibnu Qayyim rahimahullah, “Ada sepuluh cara mengelola atau mengatur rasa cinta, salah satunya adalah dengan menikahi wanita yang engkau tertarik padanya.”

Ia juga mengutip sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas, “Tidak ada cara terbaik dalam mengekspresikan rasa cinta dari dua insan yang saling mencinta kecuali dengan pernikahan.”

Reporter: Muhammad Ibnul Mubarak

Loading