(STIBA.ac.id) Makassar –  Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan, melalui Bagian Pembinaan Karakter, sukses menyelenggarakan Daurah Hadis I. Acara tersebut berlangsung pada Jumat, 20 Syakban 1445 H (01/03/2024) di Masjid Anas bin Malik.

Ustaz Sirajuddin Qasim, Lc., M.H., Kepala Bagian Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan, menyampaikan dalam sambutannya bahwa daurah ini merupakan acara perdana yang diadakan oleh bagian yang baru dibentuk di STIBA Makassar. Daurah Syar’iyyah ini bertujuan untuk mendiskusikan dan menjelaskan faedah dari 30 hadis yang terdapat dalam Kitabul Jami’, yang merupakan bagian dari karya Bulughul Maram oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalany.

Menurut Ustaz Sirajuddin, tujuan dari acara ini adalah untuk membantu mahasiswa memahami 30 hadis seputar adab dan kebaikan yang merupakan bagian dari kurikulum Tarbiah di STIBA serta secara umum untuk Wahdah Islamiyah. Acara ini ditujukan bagi mahasiswa yang berada di jenjang Ta’rifiyah I dan II.

Ustaz Surahman Yatie, yang menjadi pemateri dalam daurah ini, menjelaskan bahwa hadis-hadis yang dikumpulkan oleh Ibnu Hajar pada bagian akhir dari kitabnya merupakan Kitabul Jami’, yang mencakup hadis-hadis tentang adab, silaturahmi, kebaikan, akhlak yang baik dan tercela, serta bab doa dan zikir. Materi dimulai dengan pengenalan singkat terhadap biografi perawi hadis dari kalangan sahabat, diikuti dengan penjabaran faedah yang dapat ditarik dari setiap hadis.

Serangkaian daurah serupa juga telah dilaksanakan di Keputrian dengan menghadirkan Ustazah Armida selaku narasumber. Acara tersebut berlangsung sehari setelah pelaksanaan di kalangan ikhwan dan diadakan di Aula Aisyah Kampus Putri STIBA.

Reporter: Muh. Ihsan Dahri

Loading