(STIBA.ac.id) Makassar –  Menjelang bulan Ramadan, Bagian Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengadakan “Daurah Ramadan Muslimah (DRM) dengan tema”Nafahat Ramadhaniyyah” “نفحات رمضانية” pada hari Jumat, 20 Syakban 1445 H (01/03/2024).

Acara ini ditujukan untuk seluruh mahasiswi Marhalah Ta’arifiyah dan Takwiniah, dan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Aula Aisyah dan Aula Khadijah.

Dalam kegiatan ini, dua materi utama disampaikan. Pertama, “Muslimah di Bulan Ramadan” yang dipaparkan oleh Ustazah Asnawati Patuti S.H., M.H. dan Ustazah Sartini Lambajo Lc., S.H., M.H. Setelah salat Asar, dilanjutkan dengan materi “Menggapai Kemenangan di Bulan Ramadan (Amaliah Ramadan)” yang disampaikan oleh Ustazah Nur Hidayah S.Pd. dan Ustazah Kuranemi Anita S.T., S.H., M.E.

Dalam pembukaan, para pemateri mengingatkan peserta untuk memperbarui niat mereka dalam majelis ilmu agar usaha yang mereka lakukan tidak sia-sia. Materi tentang bulan Ramadan dianggap sebagai pengulangan, namun peserta diingatkan bahwa setiap pengulangan memiliki manfaatnya.

Kegiatan ini mengulas fikih puasa, termasuk syarat sah puasa, sunah-sunah puasa, pembatal puasa, golongan yang tidak wajib berpuasa, serta qada puasa.

Selama pemaparan materi, peserta diajak untuk mengambil tantangan terkait kedekatan dengan Al-Qur’an di bulan Ramadan dengan menuliskan kalimat “seberapa kuat dan sabar kita dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an?”. Tantangan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat untuk beribadah di bulan Ramadan. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab.

Dengan diadakannya DRM ini, diharapkan para peserta memiliki persiapan yang matang menyambut Ramadan, seperti ungkapan pepatah yang mengatakan “ala bisa karena biasa”.

Reporter: Tim Humas Jurnalistik STIBA Makassar

Loading