(STIBA.ac.id) Makassar –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar baru-baru ini menggelar acara tahunan mereka, Longmars, disertai dengan seremoni penyerahan seragam resmi berupa topi dan celana kepada para peserta.

Menempuh jarak sejauh 100 kilometer, Longmars tahun ini mengambil rute yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, melintasi tiga daerah: Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Gowa. Perjalanan dimulai dari titik awal di Kampus STIBA Makassar, melewati Kecamatan Tanralili menuju Kebun Raya Pucak, dan kembali ke Kampus STIBA Makassar melalui jalur menuju Bendungan Bili-Bili di Kabupaten Gowa.

Ekspedisi berlangsung selama tiga hari dua malam dan diikuti oleh 35 anggota Mapala STIBA Makassar.

Acara ini dibuka oleh Ustaz Muhammad Ridwan, S.Pd. selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar longmars bisa menjadi ajang untuk memperkuat ukhuwah.

“Kegiatan Longmars ini akan memperkuat persaudaraan di antara kita. Jika persaudaraan kita sebelumnya belum kuat, semoga melalui Longmars kali ini dapat diperkuat, insyaallah,” ujar Ustadz Ridwan saat melepas peserta Longmars pada Jumat (1/3/2024).

Arahan selanjutnya dari pembina UKM Mapala STIBA disampaikan oleh Ustaz Syandri Lc.M.Ag.

“Nikmati perjalanan ini, karena dalam perjalanan ini, kita berharap mendapatkan pahala. Bayangkan berjalan kaki sejauh 100 kilometer, jika langkah-langkah ini dimaksudkan sebagai ibadah, maka akan menjadi kebaikan yang luar biasa, dengan izin Allah,” ujar Ustaz Syandri memberikan semangat kepada para peserta.

Edisi kelima Longmars juga melibatkan partisipasi dari Ustaz Tajuddin Dg. Tarru S.Pd.I., Pembina Mapala STIBA Makassar.

Longmars tahun ini terasa sangat berbeda dari edisi sebelumnya, karena peserta dihadapkan pada rute yang lebih menantang dan sulit. Mereka harus menyeberangi sungai, menaklukkan tanjakan curam, dan bertahan dengan hujan yang terus-menerus selama perjalanan, menghadirkan tantangan unik. Ekspedisi ini terbukti sangat menantang secara fisik dan mental, serta menguji ketahanan para peserta.

Reporter: Amiruddin

Loading