(STIBA.ac.id) Bandung – Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbandingan Mazhab (HMPS Permaz) STIBA Makassar turut serta dalam acara Kongres VI 2024 Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Hukum Syariah Indonesia (PPMHSI). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, dimulai dari Jumat-Ahad (01-03/03/2024) di Bandung.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Kornas PPMHSI, Rizki Bahtiar Rifaldi, S.H. Dalam orasinya, ia menyambut semua peserta delegasi kampus dari berbagai daerah, serta berbagi pengalaman selama dua tahun menjabat di kepengurusan PPMHSI. Ia juga memberikan apresiasi kepada kampus STIBA Makassar karena dalam satu angkatannya ada kurang lebih 300 orang mahasiswa. Jumlah yang cukup besar jika dibandingkan dengan kampus-kampus lainnya.

Pembukaan Kongres VI PPMHSI 2024 berlangsung di Gedung PPG Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan tema “Peran Pemuda dalam Mendorong Pembangunan Ekonomi Syariah di Indonesia”, acara dibuka oleh Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag, mewakili rektor.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Jurusan PMH, H. Yayan Khairul Anwar, M.Ag, Sekretaris Fahmi Hasan Nugroho, Lc., M.A., serta utusan delegasi dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Fauzan Ali Rasyid, M.Si., mengungkapkan harapannya agar Kongres VI PPMHSI dapat menghasilkan gagasan tentang kode etik berijtihad. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga umat dari fatwa yang dikeluarkan tanpa kapasitas keilmuan yang memadai. Prof. Fauzan berharap agar dari kongres ini lahir gagasan-gagasan penting terkait dengan kode etik berijtihad.

Harapan lain dari acara ini adalah menciptakan gagasan untuk mengantisipasi rencana perubahan nama Jurusan PMH (Perbandingan Mazhab dan Hukum) menjadi PHI (Perbandingan Hukum Islam). Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menegaskan bahwa Kongres PPMHSI bukan hanya sebagai media silaturahim, tetapi juga sebagai momentum untuk mencurahkan ide-ide cerdas para mahasiswa terkait masa depan PMH.

Acara pembukaan Kongres berlangsung lancar, dilanjutkan dengan sidang pleno pertama di hari kedua, Sabtu (02/03/2024), di Aula Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Antusiasme para peserta persidangan ditunjukkan oleh keaktivan mereka dalam menyampaikan usulan dan gagasan-gagasan mereka.

Reporter: Nursal

Loading