(STIBA.ac.id) Maros – Kerja sama antara mahasiswa KKN VII STIBA Makassar dan SD 218 Inpres Dulang, Kabupaten Maros, dalam penyelenggaraan acara Pesantren Kilat Ramadan membuahkan hasil menggembirakan. Program strategis yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN VII STIBA ini, mendapat sambutan positif dari pihak sekolah yang menjadi satu-satunya Sekolah Dasar yang terletak di Kelurahan Borong, Maros.

Acara ini berlangsung selama tiga hari, Senin—Rabu (25—27/03/2024). Pembukaan acara ini dibawakan oleh Kepala Sekolah SD 218 Inpres Dulang, Bapak Umar S.Pd, setelah pelaksanaan salat Duha berjemaah. Ia memperkenalkan dirinya kepada mahasiswa KKN VII sebagai kepala sekolah baru yang baru menjabat selama dua bulan dan menjadi salah satu kepala sekolah termuda di Kabupaten Maros.

“Pertama kalinya acara Pesantren Kilat diadakan langsung oleh mahasiswa dengan latar belakang agama, saya sangat bersyukur atas kehadiran mahasiswa KKN STIBA Makassar,” ujar Pak Umar S.Pd. Ia berharap bahwa mahasiswa KKN STIBA Makassar dapat mengajarkan ajaran Islam kepada siswa-siswi di SDN 218 Inpres Dulang.

Pesantren Kilat diikuti oleh siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6, dimulai dengan salat Duha berjemaah di lapangan sekolah pada pagi hari. Kemudian, siswa dibagi ke dalam kelas bersama mahasiswa, sementara siswi dibimbing oleh mahasiswi. Kegiatan dilanjutkan dengan tahfiz menghafal surat pendek Juz 30. Materi yang disampaikan meliputi aspek Fikih (taharah dan salat), adab, dan akidah dengan tujuan menanamkan nilai-nilai dasar Islam yang baik dan benar.

Sebagai evaluasi materi yang telah disampaikan kepada peserta pesantren kilat selama tiga hari, diadakan games “Rangking I” yang disertai dengan kegiatan berbuka puasa bersama. Selain itu, juga dilakukan pemberian bingkisan kepada peserta terbaik dan seluruh peserta pesantren kilat, serta pemberian souvenir kepada pihak guru. Ceramah agama menjelang berbuka puasa disampaikan oleh Bapak Abdul Kadir Salamang, S.Pd., M.M., pengawas Sekolah Kecamatan Simbang, Maros.

Reporter: Ilo’

Loading