(STIBA.ac.id) Makassar – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Raudhatul Huffaazh STIBA Makassar, putra dan putri berkolaborasi menggelar Daurah Sepekan Menghafal dan Murajaah Al-Qur’an. Acara yang berlangsung selama tujuh hari, dimulai sejak 24-30 Maret 1445 H, menyajikan tema yang menginspirasi, “نيل الرفعة و الشرف باالقرآن”, yang berarti “Meraih Kemuliaan dan Menggapai Ketinggian dengan Al-Qur’an”.

Pembukaan acara yang digelar secara daring melalui platform Video Call Grup WhatsApp diikuti oleh seluruh peserta, dihadiri oleh Kepala Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Bahasa Arab, Ustaz Sirajuddin, Lc., M.H. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan bahwa Al-Qur’an senantiasa membawa kemuliaan di mana pun.

“Makanya orang-orang saleh akan selalu mencari di mana Al-Qur’an, karena Ahlul Qur’an dikumpulkan bersama para malaikat, begitu pun dengan majelis zikir,” ujarnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ تَعَالَى، يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ، إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ، وَحَفَّتْهُمْ الْمَلاَئِكَةُ، وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ.

 “Tidaklah sekelompok orang berkumpul di sebuah rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), mereka membaca Al-Qur’an serta mengkajinya, kecuali akan turun kepada mereka kedamaian (ketenangan), rahmat Allah pun akan menyelimuti mereka, malaikat-malaikat akan mengelilingi mereka, dan Allah akan menyebutkan nama mereka di hadapan mahluk-mahluk yang ada di sisi-Nya”.

Menyadari keutamaan yang terkandung dalam interaksi dengan Al-Qur’an, Daurah Sepekan ini dirancang sebagai wadah untuk memanfaatkan waktu berharga di bulan Ramadan dengan banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an melalui metode menghafal dan murajaah.

Sebanyak 130 peserta, terdiri dari 109 mahasiswa dan mahasiswi STIBA Makassar serta 21 peserta umum, mengikuti kegiatan yang terbagi dalam dua kategori utama: Kelas Murajaah (penguatan hafalan) dan Kelas Ziyadah (penambahan hafalan baru).

Pada akhir kegiatan, acara ditutup dengan nasihat yang disampaikan oleh Ustaz Muh. Syawaldin Mintang, S.H., serta penghargaan bagi para peserta yang berprestasi, diawali oleh penutupan yang diselenggarakan oleh Kepala Bagian Pembinaan Al-Qur’an, Ustaz Abdullah Yusran, S.H., Lc., melalui platform Zoom.

Prestasi tertinggi dalam kategori hafalan diraih oleh:

1. Kategori Ziyadah Terbanyak:

   – Ikhwah: Irgi dengan pencapaian 2 Juz 8 Halaman

   – Akhwat: Nur Amalia dengan pencapaian 1 Juz 5 Lembar

2. Kategori Murajaah Terbanyak:

   – Ikhwah: Muntashir dengan pencapaian 12 juz 5 lembar

   – Akhwat: Fathimah Hasmar dengan pencapaian 12 Juz

3. Kategori Peserta Teladan:

   – Ikhwah: Sepmin Al-Furqan

   – Akhwat: Aisyah Amatullah Adam

“Menghafal Al-Qur’an adalah program jangka waktu tertentu, sementara murajaah adalah tugas seumur hidup kita,” nasihat Ustaz Muh. Syawaldin Mintang, S.H., dalam penutupan kegiatan.

Laporan Bag. Pembinaan Al-Qur’an

Loading