(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswi KKN STIBA Makassar sukses mengadakan Taklim Muslimah bertema Ramadan di sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros, rentang waktu 16-31 Maret 2024. Selain melaksanakan taklim, mereka juga membentuk halakah-halakah pembinaan Al-Qur’an khusus untuk muslimah dari berbagai usia, mulai dari remaja hingga usia lanjut.

Berbagai respons positif dari masyarakat yang menjadi peserta terhadap kegiatan ini, seperti yang disampaikan Pengelola TPA Nuurun ‘Alaa Nuur Kelurahan Borong yang mengundang haru panitia.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas kehadiran adik-adik dari KKN STIBA di sini yang kami rasakan membawa dampak baik dan banyak perubahan, terutama di lingkungan sekitar kami. Kami berharap agar pertemuan ini tidak hanya berdampak di dunia, tetapi juga di akhirat. Sekali lagi, terima kasih banyak kepada adik-adik KKN STIBA Makassar.”

Ibu Kepala Dusun Bira-Bira, Desa Kurusumange juga turut memberikan apresiasi, menyatakan harapannya agar anak-anak mereka juga bisa seperti mahasiswi KKN STIBA Makassar dan bersekolah di tempat yang sama.

“Masya Allah, terima kasih sudah hadir, materi yang sangat luar biasa. Semoga kelak anak-anak kami juga bisa seperti kalian dan dapat bersekolah di tempat yang sama,” sambil memberikan pelukan hangat kepada mahasiswi KKN yang membawakan materi taklim.

Berikut ini posko-posko yang telah mengadakan kegiatan Taklim Muslimah:

1. Posko III Desa Toddopulia

Muslimah desa Toddopulia menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menghadiri Semarak Ramadhan 1445 H (Taklim Muslimah) yang diselenggarakan oleh Mahasiswi KKN VII STIBA Makassar Posko III Desa Toddopulia. Acara yang diadakan pada hari Ahad, 16 Maret 2024 M, di masjid Nurul Amien Dusun Kassi-Kassi, menghadirkan 50 muslimah dari kalangan ibu-ibu dan remaja Dusun Kassi-Kassi Desa Toddopulia. Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan awal pembentukan kelompok belajar Al-Qur’an. Ibu Kepala Desa Toddopulia, Masruni, S.E., menyambut kehadiran mahasiswi KKN dengan bahagia dan berharap agar majelis taklim semakin antusias dalam mempelajari Al-Qur’an, terutama di bulan Ramadan. Pemaparan materi tentang keutamaan membaca Al-Qur’an oleh Ustazah Kurnia Dwi Lestari memberikan semangat kepada peserta untuk memanfaatkan bulan Ramadan dengan lebih baik. Acara ditutup dengan pembentukan empat halakah Dirosa baru sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut, serta sesi foto bersama peserta dan anak-anak TK/TPA Kassi-Kassi.

2. Posko III Desa Damai

Taklim Muslimah di Desa Damai menjadi ajang silaturahmi yang berharga bagi berbagai kalangan, dari ibu desa hingga pekerja, diadakan oleh Mahasiswi KKN STIBA Posko 3. Acara yang berlangsung di Masjid An-Nur As-shamad Kompleks D’Queen blok C pada tanggal 12 Ramadhan 1445 H/23 Maret 2024 menarik perhatian ibu-ibu setempat, bahkan yang berusia lanjut turut meramaikan. Dalam acara tersebut, Ibu Mala Pembina TK/TPA An-Nur As-shamad dan Ibu Kepala Desa Hj. Taimang mengungkapkan rasa syukur atas penyelenggaraan acara tersebut. Dengan tema “Al-Qur’an sebagai Cahaya Kehidupan,” acara berlangsung khidmat dengan materi yang menarik dari Mahasiswi KKN STIBA Desa Damai dan persembahan nasyid oleh santri TK/TPA An-Nur As-shamad. Pembagian buku “Serial dasar-dasar Islam” dan buku dirosa kepada peserta, serta pembentukan empat halakah dirosa, menjadi langkah follow-up dari kegiatan tersebut.

3. Posko III Kelurahan Borong

Mahasiswi KKN STIBA Makassar Posko III Kelurahan Borong mengadakan Taklim Muslimah sebagai ajang silaturahmi dan peningkatan ilmu bagi warga setempat. Acara yang diadakan pada Ahad, 13 Ramadan 1445 (24/03/2024) di Masjid Babuttaubah Lingkungan Ammarang, Kel. Borong, Kec. Tanralili, Kab. Maros, dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ibu Lurah, Muslimah Karang Taruna, Pembina TPA Al-Ikhlas, Wakil Koordinator Kecamatan, dan warga sekitar. Dengan tema “Meraih Keberkahan bersama Al-Qur’an,” taklim ini menjadi yang pertama diadakan oleh mahasiswi KKN STIBA Makassar di Kelurahan Borong. Para peserta, termasuk orang tua santri/santriwati TPA Al-Ikhlas, menunjukkan antusiasme yang tinggi. Materi disampaikan oleh Ustazah Puspita Andaya, yang menjelaskan pentingnya bersama Al-Qur’an untuk meraih keberkahan dalam hidup. Ibu Lurah, Ibu Sunarti, S.E., M.M., menyambut kehadiran mahasiswi KKN dengan gembira dan berterima kasih atas pembinaan masyarakat dalam belajar Al-Qur’an. Persembahan dari santri/santriwati TPA Al-Ikhlas, pembagian Doorprize, dan sosialisasi halakah Dirosa serta bekam sunah gratis menjadi rangkaian akhir acara. Hingga akhir taklim, telah terbentuk dua halakah dari lingkungan Dulang dan dua halakah dari lingkungan Ammarang sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

4. Posko II Desa Damai

Kajian Muslimah pertama di Dusun Billa, Desa Damai, merupakan inisiatif Mahasiswi KKN STIBA Makassar sebagai ajang silaturahmi dan peningkatan ilmu bagi muslimah di wilayah tersebut. Dengan tema “Muslimah yang Dirindukan Surga,” acara di Masjid Mujahidin pada hari Ahad (24/03/2024) dihadiri oleh 35 muslimah dari berbagai usia. Sebelum dimulainya, para peserta melaksanakan salat Zuhur berjemaah. Pemaparan materi oleh Ustadzah Nur Afni T. (Mahasiswi KKN VII STIBA Makassar) disertai sesi tanya jawab yang menarik. Acara juga melibatkan persembahan nasyid islami dan pembagian brosur serta buku Dirosa untuk membentuk halakah atau kelompok belajar Al-Qur’an. Tujuan kajian tidak hanya silaturahmi, tapi juga pembinaan agama Islam dan pembentukan halakah Al-Qur’an bagi remaja hingga usia lanjut. Penutup acara dilakukan dengan sesi foto bersama dan pemberian suvenir. Respons positif dari peserta menunjukkan bahwa acara memberikan manfaat yang besar, sementara antusiasme mereka menunjukkan keinginan untuk terlibat lebih lanjut dalam kegiatan halakah Al-Qur’an yang akan dibentuk.

5. Posko IV Desa Lekopancing

Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar Posko IV Desa Lekopancing sukses menyelenggarakan Taklim Muslimah di Dusun Palagai pada hari Selasa, 26 Maret 2024 M, bertepatan dengan 15 Ramadan 1445 H di Masjid Takmirul Dusun Palagai, Desa Lekopancing. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Muslimah Wahdah Cabang Tanralili dan muslimah warga setempat. Dengan tema “Memanfaatkan Waktu Emas Bersama Al-Qur’an,” taklim ini menjadi yang pertama diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN Posko IV Desa Lekopancing. Para Muslimah dan Remaja yang hadir menunjukkan antusiasme yang tinggi. Acara dibuka dengan sambutan oleh perwakilan Muslimah Wahdah Cabang Tanralili, Ustazah Sartika, dan sambutan kedua oleh Koordinator Posko IV Desa Lekopancing, Miftahul Khaira. Pemaparan materi oleh mahasiswi STIBA Makassar, Ustazah Rusmatika mengenai keutamaan membaca Al-Qur’an khususnya di bulan Ramadan memberikan motivasi kepada para peserta.

Di akhir acara, Ibu Risma (peserta) menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa KKN VII STIBA Makassar atas pengajaran Al-Qur’an di Dusun Palagai dan berharap kegiatan semacam ini dapat berlanjut di masa depan. Acara ditutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama.

6. Posko II Desa Kurusumange

Pada Jum’at, 29 Maret 2024, Posko dua Desa Kurusumange melaksanakan Taklim Muslimah dengan tema “Akhir Indah Ramadanku,” menjadi fokus besar dalam merangkul warga desa, khususnya muslimah, untuk membangkitkan semangat belajar Islam dan mempererat silaturahmi antardusun. Antusiasme peserta terlihat dari kehadiran mereka, termasuk yang merupakan lanjut usia yang menempuh jarak cukup jauh untuk menghadiri acara ini. Taklim ini diselenggarakan di Masjid An-Nur As-Salam Perumahan BSS Land Mandai, Dusun Panasakkang, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, dihadiri oleh 32 peserta dari berbagai kalangan. Pembukaan acara dimulai dengan sambutan dari Koordinator Posko dua serta Ibu Desa Kurusumange yang diwakili oleh Ibu Saodah. Materi disampaikan oleh Ustazah Nur Aliah mahasiswi KKN STIBA Makassar, membahas tentang keutamaan bulan Ramadan, mengajak para peserta untuk memanfaatkan sisa waktu Ramadan dengan ibadah terbaik. Sebelum penutupan, dilakukan pembentukan halakah belajar mengaji atau Dirosa bagi ibu-ibu sebagai tindak lanjut misi dakwah. Pemberian hadiah dan foto bersama menjadi momen penutup kegiatan taklim muslimah tersebut.

7. Posko II Kelurahan Borong

Mahasiswa KKN 7 STIBA Makassar Posko II Kelurahan Borong sukses menyelenggarakan Taklim Muslimah perdana pada hari Ahad, 20 Ramadhan 1445 H/31 Maret 2024 M, di Masjid Babussalam, Dusun Dulang Dalam, Kelurahan Borong, Kecamatan Tanraralili, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Taklim ini menjadi ajang silaturahmi antara mahasiswi KKN STIBA Makassar dengan muslimah setempat dengan tema “Mulia dengan Al-Qur’an”. Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Ustazah Nurjannah (Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar), yang disambut dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Persembahan nasyid islami dari anak-anak TPA Nuurun ‘Alaa Nuur dan pesan dari Pengelola TPA Nuurun ‘Alaa Nuur mengundang haru panitia.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas kehadiran adik-adik dari KKN STIBA di sini yang kami rasakan membawa dampak baik dan banyak perubahan, terutama di lingkungan sekitar kami. Kami berharap agar pertemuan ini tidak hanya berdampak di dunia, tetapi juga di akhirat. Sekali lagi, terima kasih banyak kepada adik-adik KKN STIBA Makassar.”

Acara ditutup dengan sesi foto bersama, pembagian souvernir dan doorprize, serta pembentukan halaqah Dirosah bagi ibu-ibu yang belum memiliki, yang akan dibina oleh mahasiswa KKN 7 STIBA Makassar dari Posko II Borong.

8. Posko III Desa Kurusumange

Pada tanggal 28, 29, dan 31 Maret 2024, mahasiswi KKN VII STIBA Makassar, dari Posko III Desa Kurusumange, sukses menyelenggarakan Taklim Muslimah dengan tema “Menambah Keberkahan dalam Bulan Suci Ramadan dengan Al-Qur’an” di tiga masjid di desa tersebut. Taklim dihadiri oleh 15 muslimah di Masjid Fastabiqul Khairat, Dusun Ka’bun, 10 orang di Masjid Al-Azhar, Dusun Bira-Bira, dan 15 orang di Masjid Al-Iman, Dusun Panasakkang.

Pembukaan acara dimulai dengan pemaparan materi oleh mahasiswi STIBA Makassar Nur Fadhilah Bakhri, Intan Dwi Wardani, dan Ainun Amalia. Kendati cuaca hujan dan jarak tempuh yang jauh, tidak mengurangi tingginya antusiasme peserta. Materi yang disampaikan mengajak peserta untuk menghabiskan waktu-waktu terakhir di bulan suci dengan Al-Qur’an sebagai bentuk dakwah untuk terus mencintai Al-Qur’an dan melakukan amal kebaikan.

Topik pembahasan para pemateri tentang menambah keberkahan dalam bulan suci Ramadhan dengan Al-Qur’an membuat para peserta semakin bersemangat untuk mendengarkan dan tersentuh oleh materi yang disampaikan. Hal ini tergambar dari ungkapan seorang peserta yang juga Ibu Kepala Dusun Bira-Bira, yang menyatakan, “Masya Allah, terima kasih sudah hadir, materi yang sangat luar biasa. Semoga kelak anak-anak kami juga bisa seperti kalian dan dapat bersekolah di tempat yang sama,” sambil memberikan pelukan hangat kepada pemateri.

Acara ditutup dengan pembagian buku “Serial Dasar-Dasar Islam” dan “Zikir Pagi dan Petang” serta foto bersama sebagai kenang-kenangan dan apresiasi kepada seluruh peserta.

9. Posko III Desa Lekopancing

Pada hari Ahad, 20 Ramadan 1445 H/31 Maret 2024, Posko III Desa Lekopancing melaksanakan Taklim Muslimah dengan tema “Semangat Mendulang Pahala di 10 Terakhir Ramadan.” Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang keutamaan Ramadan pada 10 hari terakhir dan bagaimana para muslimah dapat mendulang pahala di masa tersebut meskipun kesibukan sebagai istri dan ibu. Meskipun jarak tempuhnya jauh, antusiasme para peserta dari berbagai kalangan, termasuk ibu-ibu dan remaja dari Perumahan D’burly, tidak berkurang. Acara dilaksanakan di Masjid Nurul Hidayah, Dusun Cendana, Desa Lekopancing, dihadiri oleh 25 peserta dari kalangan ibu-ibu, remaja, dan anak-anak santri dari tiga TK/TPA binaan mahasiswi KKN Posko III, Desa Lekopancing. Pembukaan acara dengan pemaparan materi mengenai amalan-amalan 10 hari terakhir Ramadan serta kiat-kiat mendulang pahala. Persembahan nasyid oleh anak-anak santri mengundang haru, terutama saat salah satu santri menyampaikan harapannya dalam menghafal al-Qur’an. Mahasiswi KKN mengapresiasi harapan tersebut dan memberikan pesan kepada orang tua santri tentang pentingnya dukungan nyata dalam memberi contoh dan mendukung impian anak-anak. Sosialisasi dan pendataan peserta dilakukan untuk pembentukan halakah belajar mengaji atau Dirosa, diakhiri dengan pembagian hadiah, souvenir, dan foto bersama sebagai penutup kegiatan.

10. Posko III Desa Purnakarya

Mahasiswi KKN VII STIBA Makassar di Posko III Desa Purnakarya mengadakan Taklim Muslimah “Meraih Kemenangan di Malam Seribu Bulan” pada 31 Maret 2024. Acara dihadiri oleh 50 muslimah dari empat dusun di Desa Purnakarya. Kepala Desa Ibu Nurdiana, S.E. sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan semacam ini dapat sering dilakukan. Materi tentang keutamaan 10 hari terakhir Ramadan disampaikan oleh Ustazah Sri Ujiana Putri, Lc., S.H., M.E., disusul dengan pembentukan halakah pembinaan Al-Qur’an “Dirosa” sebanyak tiga halakah di tiga Dusun. Para peserta antusias dan menyambut program ini dengan baik. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penetapan tempat dan waktu pembelajaran. Salah satu peserta, Ibu Suriani, merasa acara ini membangkitkan semangat di 10 malam terakhir Ramadan dan mengapresiasi kehadiran mahasiswi KKN STIBA Makassar yang membantu dengan keikhlasan.

Reporter: Tim Media All Posko

Loading