(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar menjalin sinergi dengan Pondok Pesantren Wahdaniyatillah dalam menggelar Pesantren Ramadan di Dusun Dulang Dalam, Kelurahan Borong, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, Ahad-Kamis/31 Maret-04 April 2024.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan salat Duha, dilanjutkan tadarrus bersama di masjid dan pemberian materi di kelas masing-masing. Dalam penyelenggaraannya, santriwan dibimbing oleh mahasiswa sedangkan santriwati oleh mahasiswi. Materi yang disampaikan meliputi keutamaan puasa Ramadan, bahasa Arab, tata cara wudu dan salat, pentingnya memperbaiki akhlak, dan keutamaan menuntut ilmu. Selain itu, terdapat juga sesi penyetoran hafalan yang dilaksanakan setiap hari sebelum materi dimulai.

Selama lima hari kegiatan berlangsung, antusiasme santriwan dan santriwati terlihat sangat tinggi, tercermin dari partisipasi yang melimpah serta respons positif yang diberikan. Setiap harinya, peserta diajak untuk mengikuti dua sampai tiga sesi materi dengan durasi waktu 1 jam untuk setiap sesi. Dalam penyampaian materi, digunakan permainan yang relevan dengan topik pembelajaran agar peserta tidak merasa bosan dan dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan. Adaptasi materi dilakukan sesuai dengan tingkat pemahaman peserta yang mayoritas berasal dari tingkat SMP dan SMA.

Kedatangan mahasiswa KKN STIBA disambut hangat oleh para peserta yang merasa bahwa kehadiran mereka membawa banyak manfaat.

“Selama kakak KKN mengajar kami, banyak ilmu yang kami ketahui, terutama Bahasa Arab,” ungkap salah satu peserta dengan antusias. Mereka menyampaikan harapan agar mahasiswa KKN STIBA dapat kembali menyertai mereka dalam kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang.

Pada hari terakhir, diadakan games Ranking 1 yang diikuti oleh seluruh peserta Pesantren Ramadan sebagai evaluasi atas materi yang telah diberikan selama lima hari. Acara ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama, di mana waktu menunggu berbuka puasa diisi dengan kultum dari beberapa santriwan dan santriwati. Setelah itu, dilakukan sesi kesan dan pesan dari mahasiswa KKN STIBA yang memberikan refleksi dan motivasi kepada peserta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan Pondok Pesantren Wahdaniyatillah yang juga menutup kegiatan Pesantren Ramadan. Dalam sambutannya, ia mengajak anak-anak santri untuk melanjutkan studi mereka di STIBA Makassar, sebagai langkah lanjutan dalam pengembangan ilmu agama dan akademik mereka.

Sesi terakhir adalah penyerahan hadiah kepada para pemenang games Ranking 1 dan peserta teladan.

Reporter: Nurjannah dan Nur Halisa

Loading