(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN STIBA Makassar membawa berkah Ramadan bagi Desa Damai, Kec. Tanralili, Kab. Maros, Sulawesi Selatan. Melalui Festival Anak Saleh bertema “Kemilau Generasi Al-Qur’an di Desa Damai” yang digelar Jumat (05/04/2024), mereka berhasil menanamkan semangat Islam di pelosok Maros.

Acara yang berlangsung di Masjid Jami’ Jabal Nur, Dusun Abbekae, ini disambut meriah oleh masyarakat. Para Pembina TK/TPA dan santri binaan mahasiswa KKN antusias mengikuti berbagai perlombaan, seperti Azan, Hafalan Qur’an, dan Tilawah. Kemeriahan semakin terasa dengan kehadiran sejumlah aparat desa, seperti Kepala Desa Damai, Imam Desa, Kepala Dusun Billa, Imam Dusun Abbekae, Imam Dusun Bowong, dan utusan KUA.

Kepala Desa Damai, Basri, S.M., membuka Festival Anak Saleh. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa KKN VII STIBA Makassar atas kontribusi positif mereka melalui kegiatan ini.

Bapak Basri tak lupa mengapresiasi dedikasi luar biasa para mahasiswa KKN yang selama Ramadan berperan sebagai imam di masjid-masjid Desa Damai. Ia meyakinkan masyarakat bahwa kemampuan bahasa Arab dan tajwid para mahasiswa tak perlu diragukan lagi.

“Mahasiswa KKN STIBA ini ahli dalam bahasa Arab, jadi jangan diragukan lagi jika menjadi imam, masalah tajwid sudah pasti bagus”, ujarnya.

Festival Anak Saleh ini bukan sekadar perlombaan. Lebih dari itu, festival ini menjadi sarana pengenalan bagi santri dalam membangun generasi cinta al-Quran, sarana penyebaran nilai-nilai Islam di desa Damai, ajang silaturahim antara santri TK/TPA, dan sebagai sarana untuk menambah wawasan dan mengasah potensi peserta didik dalam bidang keislaman masyarakat desa Damai.   

Selama tiga hari berturut-turut, tak kurang 100 peserta dari 10 TK/TPA binaan dan dua TK/TPA nonbinaan bersaing dalam enam kategori lomba: azan, cerdas cermat Islam, hafalan surat pendek, tadarus Al-Qur’an, mewarnai, dan kultum.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Tablig Akbar dan buka puasa bersama di hari ketiga lalu ditutup dengan pengumuman peserta lomba dan penyerahan hadiah. Pemaparan materi Tablig Akbar dibawakan oleh Ustaz Dodi Priambodo, S.H.I., dengan tema “Mulia dengan Al-Qur’an”.

Dalam materinya, Ustaz Dodi Priambodo menyampaikan pentingnya memahami dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi pribadi yang mulia di mata Allah Ta’ala. Peserta Festival Anak Saleh juga diajak untuk merenungkan makna keberkahan dalam membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Setelah penutupan materi Tablig Akbar oleh moderator, acara kembali diambil alih oleh MC untuk memasuki acara penutupan yang ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan kompetisi yang telah dilaksanakan selama Festival Anak Saleh. Semua peserta diharapkan dapat mengambil hikmah dan inspirasi dari acara tersebut untuk terus meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap Al-Qur’an.

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Damai. Dalam sambutannya, Basri, S.M. mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut. Ia juga mengajak semua pihak untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan kegiatan positif dalam memperkuat ukhuwah islamiah di Desa Damai.

Setelah resmi ditutup, panitia mengarahkan peserta tablig akbar untuk mengambil tempat yang telah disediakan untuk berbuka puasa bersama di halaman masjid. Semua peserta terlihat antusias dan penuh semangat untuk menjalin silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dalam momen berharga tersebut. Setelah berbuka puasa, acara dilanjutkan dengan salat Magrib berjemaah.

Reporter: Fadhillah Maghfirah Nukfi Arief

Loading