(STIBA.ac.id) Gowa –   Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan sukses menggelar kegiatan akbar Tarbiyah Camp. Kegiatan bertajuk “Kuatkan Ukhuwah, Bersama Raih Jannah” ini dilaksanakan di Hutan Pinus Camping Ground Lembanna, Kelurahan Pattapang Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Sabtu-Ahad (25-26 Syawal 1445H/4-5 Mei 2024M).

Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan kesyukuran atas terselenggaranya kembali kegiatan ini. Beliau mengungkapkan bahwa rutinitas yang kita hadapi setiap harinya tidak dimungkiri bisa menjemukan dan perlunya ada selingan dengan melaksanakan rihlah seperti ini.

Beliau menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini diharapkan dilaksanakan setiap tahunnya karena menjadi wadah merekatkan ukhuwah dan persaudaraan di antara civitas akademika STIBA Makassar.

Agenda di malam hari di tengah dinginnya suasana Lembanna melengkapi rangkaian kegiatan Tarbiyah Camp. Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D.  yang merupakan ketua Senat hadir memberikan taujihat dalam kegiatan ini. Beliau berpesan tentang pentingnya ukhuwah, bahkan menegaskan bahwa nikmat terbesar setelah nikmat Islam dan iman adalah nikmat berukhuwah.

Beliau menjabarkan bagaimana ukhuwah ini mengantarkan seseorang meraih kebahagiaan hakiki di dunia hingga ke janah. Bahkan mereka yang berukhuwah karena Allah, merekalah yang akan saling mencari sahabat-sahabatnya ketika kelak tidak menemukan mereka di surga kelak.

Ketua Dewan Syariah ini di penghujung tausiahnya mengemukakan di antara tip menguatkan ukhuwah, di antaranya ialah memperbaiki keimanan karena itulah landasan berukhuwah yang hakiki karena Allah, dan memperbaiki hubungan dengan Allah khususnya ibadah dan penghambaan kita.

Di malam tersebut juga beberapa mahasiswa mempersembahkan penampilan yang menghibur di antaranya nasyid, syair bahasa Arab dan puisi tentang Palestina yang menambah hangatnya keakraban di antara murabbi dan mahasiswa di tengah dinginnya suhu di Lembanna yang notabene merupakan kaki Gunung Bawakaraeng.

Selepas melaksanakan salat Lail dan salat Subuh secara berjemaah, acara dilanjutkan dengan mendengarkan kisah-kisah inspiratif tentang hijrah dan tarbiah oleh perwakilan murabbi yang diwakili oleh Ustaz Harianto Fernandez dan Ustaz Dr. Kasman Bakry, serta beberapa mutarabbi turut berbagi kisah mereka dalam menemukan manisnya hidayah dan meniti jalan tarbiah dan menuntut ilmu syar’i.

Kegiatan outbond menjadi kegiatan terakhir dari rangkaian agenda Tarbiyah Camp. Keseruan sangat terasa dan ukhuwah semakin merekah saat kegiatan berlangsung. Di akhir kegiatan Ustaz Sirajuddin Qasim memberikan taujihat penutup dan dirangkaikan dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba Tarbiyah Got Talent, Lomba Rangking 1, Lomba Outbond dan penyerahan apresiasi bagi murabbi dan naqib teladan.

Reporter: Muh. Ihsan Dahri

Loading