(STIBA.ac.id) Luwu – Banjir bandang dan tanah longsor melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Jumat (03/05/2024). Banjir yang terjadi sekitar pukul 02.00 Wita dini hari itu membawa material lumpur diakibatkan tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur Kabupaten Luwu, sehingga mengakibatkan meluapnya air di beberapa sungai dan merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu.

Tim Relawan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) STIBA Makassar dengan cepat merespons bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Luwu. Sebanyak tujuh orang anggota Mapala STIBA Makassar diturunkan untuk menjadi relawan dalam upaya penanggulangan dan bantuan kepada korban bencana tersebut.

Jumlah korban meninggal akibat banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu terus bertambah. Menurut catatan BPBD Kabupaten Luwu, sudah ada 14 orang yang meninggal dunia dalam musibah tersebut. Sementara itu, tim SAR dan relawan Mapala STIBA Makassar terus berjibaku untuk mengevakuasi warga yang terdampak serta terus menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan.

Kerugian materiil yang terdata melalui kajian cepat mencakup sejumlah data yang menggemparkan. Tercatat bahwa ada 1.867 unit rumah yang terdampak, di antaranya 103 unit mengalami kerusakan berat dan 42 unit bahkan hanyut terbawa arus banjir. Selain itu, empat titik ruas jalan terdampak dan satu unit jembatan juga mengalami kerusakan. Bukan hanya itu, lahan persawahan dan perkebunan warga juga ikut terdampak oleh bencana tersebut, menambah makin rumitnya situasi yang dihadapi oleh masyarakat.

Tim Mapala memberikan laporan dari lapangan bahwa hingga Senin, 06 Mei 2024, Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap seorang korban yang belum ditemukan. Korban tersebut adalah Mifta Nurjanna (4 tahun) yang terseret oleh arus banjir pada Jumat, 03 Mei 2024. Upaya pencarian terus dilakukan dengan harapan korban dapat segera ditemukan.

Kehadiran Tim Relawan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) STIBA Makassar dalam tim penanggulangan bencana ini  menunjukkan kontribusi STIBA Makassar dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana. Partisipasi aktif STIBA Makassar dalam upaya penanggulangan bencana, baik dalam proses evakuasi maupun penyaluran bantuan, menunjukkan keseriusan institusi ini dalam mendukung dan memperkuat solidaritas sosial di tengah-tengah kondisi darurat seperti ini.

Reporter: Abdurrahman Larodding

Loading