(STIBA.ac.id) Makassar –  Bukan lagi saatnya mengandalkan rasa empati dan sekadar belas kasih melihat bumi para nabi yang semakin mengiris hati. Sudah sepantasnya kita bergerak dan bersuara menentang tindakan genosida yang semakin menjadi-jadi.

Sampai hari ini, Israel melancarkan invasi militer yang tiada henti, melakukan pengusiran dan serangan bom yang bertubi-tubi di seluruh wilayah Gaza, termasuk pengeboman rumah sakit, kamp-kamp pengungsian, dan ambulans yang diklaim Israel sebagai tempat pasukan Hamas bersembunyi. Bukan hanya itu, Israel juga melakukan pengepungan terhadap kebutuhan masyarakat, seperti air, makanan, listrik, bahan bakar, dan peralatan medis, yang merupakan bukti nyata genosida.

Oleh sebab itu, aliansi mahasiswi dari beberapa kampus melakukan aksi bela Palestina dengan tema ‘Free Palestine, Save Gaza, Hentikan Genosida’, yang dilaksanakan di Aula Aisyah STIBA Makassar pada 17 Mei 2024. Acara ini dihadiri oleh mahasiswi STIBA Makassar dan 351 peserta dari berbagai kampus di Makassar. Pada kegiatan ini, beberapa perwakilan kampus seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Keputrian DEMA STIBA Makassar, dan Forum Mahasiswa Dakwah Kampus (FMDK) Indonesia, menyampaikan pernyataan sikap Bela Palestina di hadapan para peserta Aksi Bela Palestina.

“Aksi ini bertujuan untuk mencerminkan rasa solidaritas yang tinggi kepada saudara-saudara kita, terutama sesama muslim. Aksi ini juga sebagai bukti kepada saudara kita yang sedang berjuang di Palestina bahwa mereka tidak berjuang sendiri, dan kita ada untuk mereka. Hal ini juga menjadi pengingat kepada masyarakat, terutama pemuda-pemudi Indonesia, agar lebih memperhatikan produk-produk pro-Israel yang masih banyak dipasarkan. Dengan menjalankan gerakan boikot produk pro-Israel, kita dapat mengurangi jumlah dana yang masuk ke Israel,” jawab ketua panitia di Aula Aisyah kampus STIBA Makassar, Ustazah Nur Rahmah Kr. Bajeng, dalam wawancaranya.

Ketua Muslimah Kita Palestina, Ustazah dr. Muhyina Nur, dalam sambutannya mengatakan, “Dari seorang Imam Masjidil Aqsa dalam khotbahnya yang sangat singkat dia berkata, “Dua juta rakyat Palestina kehilangan rumahnya, 37.000 mati syahid, dan 70.000 orang terluka. Jika itu belum mampu membuka mata dunia, lalu apalah arti kata-kata saya?”

Dalam taujihat yang disampaikan oleh Ketua Senat STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., ia mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidak akan beriman salah seorang di antara kalian, sampai dia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.'”

Begitu juga salah satu dosen STIBA Makassar, Ustazah Kurnaemi Anita, S.T., S.H., S.E., dalam tausiahnya mengatakan, “Menyuarakan kebebasan untuk Palestina dengan cara memboikot produk-produk pro-Israel, menyuarakan apa yang telah dibungkam oleh media mengenai tindakan Israel terhadap Palestina, serta selalu berdoa untuk Palestina.”

Ketua Umum Wahdah Islamiyah, Ustaz Dr. K.H. Muh. Zaitun Rasmin, M.A., mengatakan, “Kami yakin kemenangan akan tetap datang sebab kami bersama Allah dan kami yakin akan janji-Nya. انتنصر الله ينصركم. Kepada seluruh kaum Muslimin yang mempunyai kemampuan di bidang media, ketahuilah bahwa pada kalian hari ini, pembelaan Gaza adalah wajib ain bagi kalian semua. Jangan berhenti memperjuangkan suara-suara penolakan terhadap genosida di Palestina.”

Ketua Panitia Acara Aksi Bela Palestina, Ustazah Nur Rahmah Kr. Bajeng, yang berada di titik kumpul Aula Aisyah STIBA Makassar, juga berharap bahwa setelah dilaksanakannya aksi ini, kita harus selalu mensyiarkan bahwa kita mendukung Palestina. Seperti yang dikatakan oleh Ustaz Muh. Zaitun Rasmin, bahwa jika kita tidak mampu mensyiarkan dengan lisan, maka syiarkan dengan selalu menggunakan atribut-atribut Palestina di keramaian dan jangan cukupkan menyuarakan kebebasan Palestina hari ini saja. Juga selalu berdonasi untuk Palestina karena siapa lagi yang akan membantu mereka jika bukan kita?”

Di sela-sela ribuan Muslimah terdapat seorang ibu yang sangat antusias dalam aksi ini. Beliau adalah Ibu Biah, yang bersama Ibu Maryam, sangat bersemangat dalam mengikuti Aksi Bela Palestina. Keduanya adalah ibu rumah tangga yang juga aktif dalam mengikuti kajian belajar Islam dan belajar Al-Qur’an (Dirosa). Antusiasme mereka terbukti ketika mereka mengajukan diri untuk berinfak bagi Palestina.

“Bukan baru kali ini, tapi setiap ada aksi bela Palestina pasti kami ikut turun, karena Palestina adalah saudara kita yang akan membersamai di hari akhir. Jika kelak kami diminta pertanggungjawabannya, maka inilah jawaban kita,” ujar Ibu Biah.

“Semoga Palestina bisa bebas dan menduduki tanahnya sendiri, karena yang datang adalah penjajah dan perampok. Semoga Palestina bisa tinggal damai di tanahnya sendiri, di negaranya sendiri,” harapnya.

“Masya Allah, luar biasa. Rasa kepedulian semakin bertambah. Semoga Palestina bisa direbut kembali haknya dan tidak dikuasai oleh Israel,” kata Ibu Maryam, mengungkapkan kesan dan harapannya terhadap aksi bela Palestina kali ini.

Jika mereka yang di Palestina berkorban seluruh tenaga bahkan jiwanya, maka sudah sepantasnya doa yang tak terputus dan juga berkorban dengan harta dilakukan untuk mereka.

Reporter: Tim Humas Jurnalistik STIBA Makassar

Loading