(STIBA.ac.id) Makassar –  Semangat peserta Aksi Bela Palestina Nasional Wahdah Islamiyah yang digelar Jumat (17/5/2024) dibakar oleh orasi-orasi beberapa tokoh Wahdah Islamiyah yang juga merupakan dosen-dosen STIBA Makassar.  

Salah satunya adalah Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. yang juga merupakan Ketua Senat STIBA Makassar. Ia tampil membawakan orasi, mengangkat isu kelaparan ekstrem yang dialami oleh warga Palestina, terutama di Gaza. Ia mengajak peserta aksi untuk memahami betapa parahnya kondisi di sana, di mana banyak orang meninggal dunia karena kelaparan hingga terpaksa memakan batu, logam, dan baterai kecil. Ia juga mengutip berbagai hadis dan perintah syariat yang menekankan pentingnya solidaritas dan tanggung jawab sesama muslim.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut menekankan bahwa mengabaikan penderitaan sesama Muslim bisa membawa konsekuensi besar di akhirat. Ia mengingatkan kisah seorang wanita yang masuk neraka karena membiarkan kucingnya mati kelaparan. Ia juga mengajak peserta aksi untuk tidak hanya menyalahkan pihak-pihak yang menindas Palestina, tetapi juga introspeksi tentang apa yang bisa dilakukan untuk membantu.

“Jangan kita menjadi bagian dari orang-orang yang membiarkan saudara-saudara kita mati kelaparan. Ulama mengatakan, jika saja seekor kucing yang mati kelaparan bisa menyebabkan seseorang masuk ke dalam neraka, bagaimana lagi jika seorang manusia yang mulia, apalagi seorang pejuang agama Allah yang menjaga dan mempertahankan Bumi Quds dan benteng-benteng kaum Muslimin, mati kelaparan disebabkan ketidakpedulian kita, dan tidak adanya upaya kita untuk membantu mereka serta menyuarakan pembelaan kepada mereka,” papar Ustaz Yusran.

Dalam orasinya, Ustaz Yusran menggarisbawahi pentingnya tolong-menolong di antara umat Islam dan berupaya membangkitkan kesadaran dan aksi nyata untuk mendukung Palestina. Ia menyatakan bahwa kemenangan bagi Palestina adalah sesuatu yang pasti akan datang, sebagaimana disebutkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan janji Allah tentang kemenangan akhir umat Islam.

Ia menutup pidato dengan ajakan untuk terus berdoa dan berusaha semaksimal mungkin demi membantu kaum muslimin di Palestina, serta mengingatkan bahwa setiap tindakan kecil dari kita dapat membawa dampak yang besar.

Loading