(STIBA.ac.id) Makassar –  Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan STIBA Makassar menyelenggarakan Tarbiah Gabungan marhalah Ta’rifiyah dan Takwiniyah pada Jumat-Sabtu, 14-15 Juni 2024. Kegiatan yang mengusung tema “Reuni di Surga Bersama Keluarga” (Marhalah Ta’rifiyah) dan “Isu-Isu Pokok di Jalan Dakwah” (Marhalah Takwiniyah) ini berlangsung di Aula Aisyah dan wajib dihadiri oleh mahasiswi yang berada pada marhalah tersebut.

Tarbiyah gabungan yang sering disingkat “targab”, dibuka dengan sambutan oleh Wakil Kepala Bagian Pembinaan Karakter, Kepesantrenan dan Keasramaan, Ustazah Dewi Indriani, Lc., S.H., M.H. Dalam sambutannya, ia mengimbau para peserta untuk menghargai waktu dengan menghadiri majelis tepat waktu. Ia juga menyampaikan harapannya, “Berharap ada kerja sama dari kita semua untuk mewujudkan generasi yang mencintai Allah dan mencintai Rasul-Nya.”

Ustazah Syamsiah Nur, Lc., S.Pd.I., M.Pd., pemateri untuk marhalah Ta’rifiyah, menekankan pentingnya keluarga dalam dakwah. “Seorang dai tidak pantas jika telah menjalankan visi misinya kemudian lupa meng-ishlah (memperbaiki) keluarganya,” ucapnya.

Sementara itu, Ustazah Armida Lc., pemateri untuk marhalah Takwiniyah, menyampaikan materi tentang isu-isu pokok di jalan dakwah dengan menggunakan buku “قضايا أساسية على طريق الدعوة”. Ia juga menambahkan beberapa kisah perjuangan para sahabat dalam berdakwah dan mengingatkan para peserta bahwa dalam setiap perjalanan dakwah akan ada rintangannya.

Acara ditutup dengan lomba antarhalakah tarbiah dan pembagian doorprize bagi pemenang. Antusiasme para peserta terlihat jelas dalam mengikuti lomba ini, menunjukkan terbentuknya kerja sama dan ukhuwah islamiyah antarteman sehalakah.

Reporter: Tim Humas UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar

Loading