(STIBA.ac.id) Makassar –  Memanfaatkan momentum libur semester genap, UKM Raudhatul Huffazh Putri STIBA Makassar menyelenggarakan Daurah 30 Hari Murajaah. Kegiatan ini menjadi wadah bagi para pengurus dan calon pengurus UKM Raudhatul Huffazh, serta mahasiswi STIBA lainnya, untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an dan meraih derajat mutqin.

Daurah yang mengangkat tema ارفعي درجتك عند الرحمن بدوام صحبة القرآن   (Tinggikan Derajatmu di Sisi Ar-Rahman dengan Senantiasa Membersamai Al-Qur’an) ini resmi dibuka pada hari Rabu (26 Zulhijah 1445 H/3 Juli 2024). Acara pembukaan dihadiri oleh Ustazah Armida, Lc., Wakil Kepala Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Pengembangan Bahasa Arab, dan Ustazah Nur Hidayah, S.H., selaku pemateri.

Dalam sambutannya, Ustazah Armida berpesan kepada para peserta agar memperbanyak doa dan memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala  dalam proses menghafal dan memahami Al-Qur’an. “Jangan hanya minta hafalan, tapi juga minta agar Allah beri pemahaman terhadap Al-Qur’an,” ujarnya.

Ustazah Nur Hidayah menambahkan bahwa murajaah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hafalan dan mencerminkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Daurah 30 Hari Murajaah ini diikuti oleh 34 pengurus UKM Raudhatul Huffazh, 10 calon pengurus UKM Raudhatul Huffazh, dan lima mahasiswi STIBA lainnya. Sistem penyetoran hafalan terbagi menjadi lima sesi murajaah dengan berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia pelaksana.

Tujuan dari Daurah 30 Hari Murajaah adalah untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an para peserta. Program ini memaksimalkan murajaah dengan target satu hari satu juz, sehingga dalam 30 hari, para peserta dapat mengulang 30 juz. Tujuan akhirnya adalah mengantarkan para peserta mencapai derajat mutqin dalam hafalan Al-Qur’an. Harapannya, melalui kegiatan ini, para peserta dapat semakin mencintai Al-Qur’an dan menjadikannya pedoman hidup dalam keseharian.

Reporter: Tim Humas UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar

Loading