(STIBA.ac.id) Makassar – UKM Asrama Putri STIBA Makassar mengadakan kegiatan Nashaih Taujihiyah sebagai program kerja dari Pengurus Inti (PI) yang diagendakan berlangsung setiap bulan. Kegiatan ini mengangkat tema Sesungguhnya yang Terbaik dari Kalian Adalah yang Paling Baik Akhlaknya. Ustazah Mirnawati, S.H. diundang sebagai narasumber.

Dalam pemaparannya, Ustazah Mirnawati banyak membahas tentang akhlak dan bagaimana seharusnya penuntut ilmu memiliki tiga hal sebagai buah dari ilmu yang telah mereka dapat, yaitu takut kepada Allah, beramal saleh, dan berakhlak mulia. Ia menekankan bahwa fenomena penuntut ilmu sekarang, ilmunya banyak tapi akhlaknya kurang.

“Orang dikatakan berilmu ketika memiliki; rasa takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, beramal dengan ilmu yang dimiliki, dan berakhlak mulia. Amal saleh merupakan buah dari ilmu dan sangat penting bagi kita di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tidak ada kemuliaan ilmu kecuali jika ilmu itu bisa mendekatkan diri kita kepada Allah. Demikian pula, kedekatan kepada Allah tidak mungkin tanpa amal yang saleh. Ketika kita mendekatkan diri kepada Allah maka Allah akan mencintai kita.” ujarnya.

“Kenapa kita harus berakhlak mulia? Karena Allah secara khusus memuji Rasulullah di dalam Al-Qur’an, dan merupakan faktor terbanyak yang bisa memasukkan manusia ke dalam surga, dan akhlak juga memengaruhi keimanan kita,” ungkapnya lagi.

Selain itu, Ustazah Mirnawati juga memberikan tip bagaimana memperbaiki akhlak, yaitu dengan memperbaiki niat, belajar tentang akhlak mulia, mempelajari tentang bentuknya, mengenali akhlak yang buruk untuk terhindar dari akhlak buruk itu, mengajak orang lain untuk berakhlak, dan yang paling penting adalah berdoa.

“Ketika Allah mencintai kita, maka Dia akan menjaga kita. Siapa pun yang dijaga tubuhnya oleh Allah maka tidak mungkin akhlaknya buruk. Allah akan menjaga kita, hingga diri ini mengeluarkan akhlak yang baik,” terangnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswi STIBA Makassar dan berlangsung pada hari Jumat, 03 Syakban 1444 H (24/02/2023), bertempat di Aula Gedung Aisyah. Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan pengaruh positif bagi mahasiswi dalam meningkatkan akhlak mereka.

Reporter: Tim Humas Putri

Loading