miumi1

Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Sulawesi Selatan terpilih menjadi tuan rumah Silaturahim Nasional (Silatnas) V MIUMI. Bertempat di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Silaturahim Nasional (Silatnas) V Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) resmi digelar pada hari Jumat, 7 Rabiul Awwal 1437 H (18/12/2015).

Kegiatan yang mengusung tema “Mengukuhkan Cita Mewujudkan Indonesia yang Adil dan Beradab” ini dihadiri oleh seluruh pengurus MIUMI dari berbagai daerah.

Tampak hadir pula para pendiri MIUMI, mulai dari Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, Bachtiar Nasir, Lc, M.A., DR. Muhammad Zaitun Rasmi, Lc, M.A., Fadlan Garamatan, Dr. Adian Husaini dan Adnin Arnas, M.A., serta tokoh-tokoh agama di Sulawesi Selatan di antaranya adalah Ketua MUI Sulsel K.H. Anregurutta Sanusi Baco, Lc.

Diharapkan melalui Silatnas MIUMI ke-V kali ini, MIUMI dapat meretas peluang dan menyusun langkah-langkah strategis agar Islam dapat bangkit di Indonesia.

“Kami berharap ada capaian langkah strategis mengembalikan peradaban Islam dalam upaya membangun Indonesia yang adil dan beradab,” ucap Ketua MIUMI Sulsel, Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., M.A. yang merupakan salah seorang dosen tetap di STIBA Makassar.

Dalam sambutan, Wakil Gubernur Sulsel, Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, M.Si. menyatakan apresiasinya atas keberadaan MIUMI, khususnya di Sulsel, sebagai wadah untuk mempersatukan umat Islam.

“Salah satu hasil positif MIUMI adalah sebagai perekat di antara umat Islam,” ucap Nu’mang bangga.
Dalam kesempatan sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, K.H. Anregurutta Sanusi Baco, Lc. juga memberi dukungan kepada pengurus MIUMI.

Kiai Sanusi berharap agar para ulama dan dai MIUMI untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam melayani kebutuhan umat.

Ia menyatakan kekayaan hakiki seseorang, khususnya para ulama terletak pada ilmu yang dipunyai. Bukan semata pada harta atau materi seperti yang dibanggakan manusia hari ini.

“Kemiskinan ulama atau dai adalah kemiskinan yang disengaja, kemiskinan orang bodoh adalah kemiskinan karena terpaksa. Kekayaan ulama bukan pada hartanya, tapi pada ilmunya, dan adanya umat yang mencintainya,” ungkap Kiai Sanusi.

Selanjutnya, kegiatan Silatnas MIUMI ke-V secara resmi dibuka oleh Wagub Sulsel, Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, M.Si.

Masih dalam rangkaian kegiatan Silatnas ke-V, MIUMI juga menggelar beberapa acara lainnya. Di antaranya, Tabligh Akbar tentang Al-Qur’an dan Peradaban oleh Ustadz Bachtiar Nasir, Lc (Sekjen MIUMI) dan Ustadz DR. Muhammad Zaitun Rasmin di Masjid al-Markaz Makassar.

Selain itu juga diadakan Seminar Nasional “Kerukunan Beragama” yang menghadirkan pemateri Dr. Adian Husaini dan Dr. Rahim Yunus. Acara yang digelar di hotel Sahid Makassar tersebut juga dihadiri oleh Prof. Dr. Musafir Pababbari, sebagai Keynote Speaker.

Kegiatan Silatnas V MIUMI ditutup dengan agenda silaturahim ke beberapa tokoh agama dan napak tilas perjalanan ulama kharismatik asal Sulsel, Syekh Yusuf al-Makassariy, seorang ulama Sulsel yang berdakwah hingga ke Cape Town, Afrika Selatan.

Selain Ustadz Rahmat Abdurrahman, empat orang dosen dan pejabat STIBA Makassar lainnya ikut terlibat sebagai pengurus MIUMI Sulsel. Mereka adalah Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. (Ketua STIBA Makassar), Ustadz Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I. (Pembantu Ketua I), Ustadz Muhammad Ihsan Zainuddin, Lc., M.Si. dan Ustadz Ir. Muhammad Qasim Saguni, M.M. keduanya adalah dosen STIBA Makassar—hafizhahumullah.

miumi2 MIUMI-makasar-30if5kk2m8ycxkr61ix2bk

 

Loading

Tinggalkan Balasan