IMG_3505

Mengakhiri ujian akhir semester ganjil TA. 1435—1436 H/2014—2015 M, STIBA Makassar selenggarakan Haflah Ikhtitam, tepatnya pada hari Jumat sore, tanggal 18 Rabiul Awal 1436/9 Januari 2014. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap semester usai pelaksanaan ujian akhir dan jelang masa liburan mahasiswa. Dalam haflah ini, pihak penyelenggara STIBA akan memberikan wejangan-wejangan sebagai bekal mahasiswa dalam menjalani liburan.

Ketua STIBA Makassar, Ustadz Muhammad Yusran Anshar dalam pesan-pesannya kepada mahasiswa mengulas ayat-ayat dalam surah Fathir ayat 27—35 yang dibacakan di awal acara oleh salah seorang mahasiswa.

Setidaknya, ada lima poin penting yang disampaikan oleh Ketua STIBA Makassar, di antaranya:

Pertama, saling mengingatkan untuk terus memperbarui niat dalam menuntut ilmu. Di saat kuliah perdana, kemudian di masa aktif perkuliahan, dan ketika berakhirnya masa kuliah. Ustadz Yusran mengangkat salah satu hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لَا يَتَعَلَّمُهُ إِلَّا لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنْ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَعْنِي رِيحَهَا.

“Barangsiapa yang menuntu ilmu yang seharusnya diniatkan demi mengharapkan Wajah Allah namun ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan kenikmatan dunia, maka ia tidak akan mencium bau surga di hari kiamat”. (HR. Abu Dawud, Sahih).

Ayah lima anak ini juga menyampaikan bahwa kita sering mendengarkan dan menyaksikan para ulama atau syaikh saat mengajarkan ilmu kepada manusia. Kita ingin seperti mereka, namun bukan karena kedudukan mereka yang dihormati dan dimuliakan oleh manusia, tapi karena

اِنَّمَا يَخۡشَى اللّٰهَ مِنۡ عِبَادِهِ الۡعُلَمٰٓؤُا ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ غَفُوۡرٌ

Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama [1259]. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

“Setiap semester ilmu kita bertambah, tapi apakah itu diiringi dengan semakin takutnya kita kepada Allah?” Tuturnya.

Poin kedua yang disampaikan oleh Ketua STIBA adalah ajakan untuk banyak bersyukur kepada Allah.

Sekira empat bulan lalu saat di tempat yang sama diadakan Kuliah Perdana, jumlah mahasiswa yang hadir saat itu lebih banyak dari peserta Haflah Ikhtitam. Menurut Ustadz Yusran, hal seperti ini sudah sunnatullah. Akan selalu ada yang berjatuhan saat menempuh jalan-jalan penuntut ilmu, entah karena sakit, atau karena alasan-alasan lainnya. “Kita bersyukur, karena barangkali bukan kita yang paling mampu dari segi finansial untuk membayar biaya kuliah, bukan pula yang paling cerdas di kelas, tapi Allah justru berkehendak memilih kita untuk sampai di penghujung semester ini,” ujar dosen hadits MEDIU ini.

Ketiga, Faidza faraghta fanshab.

Masa liburan bukan waktu untuk tidak beraktivitas. Jika telah menyelesaikan suatu pekerjaan, maka beralihlah ke tugas-tugas dan amalan-amalan lainnya. Seperti membaca al-Qur’an,

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.” (QS. Fathir: 29).

Inilah yang seharusnya dikejar dan diimpikan oleh setiap muslim, perniagaan yang tidak akan merugi. Dan kelak, ujung yang diharapkan adalah surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ

“(Bagi mereka) surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (QS. Fathir: 33).

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ

“Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 34).

“Di dunia ini mungkin saja kita letih mengurus dakwah, belajar, dan berjihad. Namun di surga kelak tak ada lagi perasaan semisal itu, sebagaimana firman Allah,

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

“Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. Fathir: 35).

Point ke empat yang menjadi poin terakhir yang disampaikan oleh Ketua STIBA Makassar adalah himbauan kepada para mahasiswa agar menjadi duta-duta STIBA yang membawa risalah-risalah ma’had. Berberkah di mana saja mereka berada. Bertebaran di muka bumi untuk menebar berkah Allah. Bukan menjadikan liburan sebagai kesempatan untuk melakukan hal-hal yang selama di kampus dilarang.

Ustadz Muhammad Yusran Anshar hafizhahullah menutup nasihatnya dengan permintaan maaf kepada seluruh mahasiswa jika terdapat kekurangan-kekurangan dari para penyelenggara STIBA Makassar selama semester ini.

Penyampaian selanjutnya adalah dari Pembantu Ketua I Ustadz Kasman Bakry hafizhahullah. Ustadz Kasman menyampaikan beberapa agenda terkait akademik, seperti pengumuman hasil UAS, ujian susulan, dan kuliah perdana.

Sementara Pembantu Ketua II Ustadz Musriwan Muslimin hafizhahullah yang mewakili Bidang Umum menyampaikan permintaan maaf jika ada kekurangan-kekurangan terkait keterbatasan fasilitas kampus. Terkhusus di gedung kampus putri yang terbilang masih baru dan masih terus dibenahi.

Ustadz Muhammad Taufan Djafry hafizhahullah sebagai Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yang mendapat giliran terakhir dalam penyampaiannya menghimbau mahasiswa agar tetap menjaga tarbiyah pekanan mereka di masa libur sekalipun. Mahasiswa yang berlibur di daerah masing-masing diwajibkan untuk berkoordinasi dengan DPD Wahdah Islamiyah yang ada di daerah mereka untuk dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan dakwah di DPD.

Loading

Tinggalkan Balasan