Transkripsi Taklim Hadits Pekanan Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.

(Setiap Rabu Bakda Ashar di Kampus STIBA Makassar)

Dari Kitab al-I’tisham Shahih Bukhari

Hadits 7286 “Kisah Umar bin Khattab”

(Ditranskripsi oleh Ahmad Nasing)

 Dari Abdullah bin Abbas radiyallahu anhuma beliau mengatakan: Datang Uyainah bin Husn dan beliau singggah untuk menemui anak dari saudaranya (keponakannya), yaitu sahabat yang mulia Al-Hurr bin Qais bin Husn, dan dia di antara sekelompok orang yang didekatkan oleh Umar bin Khattab, dan para ulama adalah orang-orang yang dekat majelisnya dengan Umar dan orang-orang yang selalu diajak untuk bermusyawarah oleh Umar bin Khattab, baik itu yang sudah tua maupun yang masih muda. Berkata Uyainah kepada keponakannya, ”Wahai anak dari saudaraku, apakah kau memiliki kedudukan khusus di sisi amir ini, agar kamu minta izin untukku agar aku bisa menemuinya?” Al-Hurr bin Qais berkata, “Saya akan meminta izin kepada Umar agar kamu bisa menemuinya”. Abdullah bin Abbas berkata, “ Maka Al-Hurr bin Qais minta izin kepada Umar bin Khattab untuk kepentingan Uyainah bin Husn. Ketika telah masuk menghadap, dia berkata, “Wahai anak dari Khattab demi Allah engkau tidak memberikan kami yang banyak dan tidak adil dalam menetapkan hukum di antara kami”. Maka Umarpun marah sampai hampir beliau melakukan sesuatu (memukul dan menyakiti) terhadap orang ini. Al-Hurr berkata,”Wahai Amirul Mu’minin, sesungguhnya Allah Ta’ala berkata kepada Nabi-Nya sallallahu alaihi wasallam, “Maafkan dan perintahkan pada kebaikan dan berpalinglah dari orang-orang yang jahil”(al-A’raf: 169). Dan orang ini (Uyainah bin Husn) termasuk orang-orang yang jahil maka demi Allah Umar tidak melewati (meneruskan niatnya untuk menyakiti Uyainah bin Husn) setelah dibacakan ayat tersebut, dan beliau adalah orang yang selalu berhenti (mendengar dan patuh) terhadap kitab Allah.”

SANAD HADITS

Isma’il bin Abi Uwais Al-ashbahiy namanya adalah Isma’il bin Abdullah beliau adalah sepupu dari Malik bin Anas.

Ibnu Wahb : Abdullah bin Wahb Al-mishriy

Yunus : Yunus bin Yazid Al-a’iliy

Ibnu Syihab : Muhammad bin Muslim bin Abdillah bin Syihab

Abdullah bin Abbas : Sahabat yang mulia

Beliau mengatakan : Datang Uyainah bin Husn salah seorang tokoh dari Arab Badui dan beliau di antara Arab Badui yang paling terkenal, yang sering datang di zaman Nabi sallallahu alaihi wasallam bertanya tentang beberapa hal, dan kadang bersifat tidak sopan kepada Nabi sallallahualaihiwasallam. Adapula tokoh Badui yang tidak pernah mencium anaknya yaitu Aqro’ bin Haabis.

Uyainah bin Husn terkenal dengan keberaniannya, ia termasuk pemimpin di kalangan Badui dulu dan ia juga termasuk sahabat, walaupun ia termasuk sahabat dari kalangan Arab Badui. Dan beliau masuk Islam waktu Fathu Makkah. Di perang Khandaq ia masih termasuk musuh Nabi sallallahualaihiwasallam. Dikatakan ia pernah keluar dari Islam dan termasuk barisan Nabi palsu yaitu Tulaihah bin Tuwailit Al-Asadiy. Waktu ia mengumumkan bahwa ia adalah seorang Nabi, maka di antara yang mengikutinya adalah Uyainah bin Husn. Dan akhirnya Khalid bin Walid berhasil memeranginya, menjadikan Tulaihah ini masuk Islam dan juga Uyainah pengikutnya masuk Islam.

Di sini dia datang kepada keponakannya dan keponakannya adalah sahabat yang mulia Al-Hurr bin Qais yang masuk Islam di akhir-akhir kehidupan Rasulullah sallallahualaihiwasallam, setelah perang Tabuk. Tapi telah baik keislamnnya dan menjadi sahabat yang mulia dan menjadi ulama di kalangan para sahabat, dan akhirnya sebagaimana dalam hadits kita ini, dia termasuk orang yang didekatkan oleh Umar bin Khattab.

Uyainah bin Husn datang menemui keponakannya untuk suatu keperluan, beliau sudah tahu bahwa keponakannya memiliki kedudukan di sisi Umar bin Khattab. Lihatlah bagaiamana Umar ketika menjadi seorang khalifah. Orang-orang dekatnya, pengawal-pengawalnya atau orang-orang yang diajaknya berdiskusi atau ahlu syuronya bukan orang-orang yang banyak hartanya, bukan bangsawan dan sebagainya. Tapi hanyalah Al-qurro’ (ulama), dan ini menjadi pelajaran tentunya bahwasanya teman dekat sebaik-baiknya terutama bagi seorang pemimpin adalah para ulama, makanya tidak mengherankan kenapa sampai Harun Ar-rasyid juga mengulangi beberapa hal yang baik di zaman Khulafa’u Rrasyidun. Di antara sebabnya adalah kedekatan beliau dengan para ulama. Demikian pula Umar bin Abdil Aziz rahimahullah beliau seorang ulama dan juga dekat dengan para ulama, dan kedekatannya bukan untuk memperalat mereka, akan tetapi untuk meminta pendapat mereka, arahan mereka dan siap mendengarkan fatwa-fatwa dari mereka. Itulah para pemimpin yang soleh dan ulama-ulama yang jujur dalam berfatwa, jujur dalam menyampaikan ad-din bukan ulama su’ (buruk) yang bisa dibayar dan dikendalikan sesuai kemauan para pemimpin yang sesat.

Beliau tahu bahwa keponakannya adalah termasuk النفر artinya beberapa orang, ada yang mengatakan di bawah 10, jadi sekitar belasan atau kurang dari itu.

Di sini dikatakan كهولا كانوا أو شبابا

كهولا jenjang setelah berakhirnya masa syabab (muda) ada yang mengatakan setelah 30 tahun dan banyak yang mengatakan setelah 40 tahun.

Makanya yang termasuk ahlu syuro Umar bin Khattab yang masih sangat muda adalah Abdullah bin Abbas, makanya hadits ini diceritakan sempurna oleh beliau, karena dia juga termasuk ahlu syuro amirul mu’minin. Dan ini dalam riwayat yang terkenal para sahabat sebelum mengetahui Abdullah bin Abbas, mereka protes, termasuk Abdurrohman bin A’uf beliau mengatakan, kita tidak selevel dengan Abdullah bin Abbas dia seumur dengan anak-anak kita.

Abdullah bin Abbas waktu Rasulullah sallallahualaihiwasallam meninggal beliau masih berumur 13 tahun, Abu Bakar wafat dan beliau berumur 15 atau 16 tahun baru baligh. Bersama dengan Umar saat masih sekitar lima belasan dan ia sudah bergabung dengan ahlu syuro Umar bin Khattab, dan ini karena ilmu beliau dimuliakan. Umar bin Khattab untuk meyakinkan para sahabat dengan bertanya kepada mereka, “Apa pendapat kalian tentang suroh Al-Nashr apa tafsiran ayat ini?” Para sahabat umunya memerintahkan Nabi sallallahualaihiwasallam kalau kemenangan sudah datang maka jangan lupa bertasbih kepada Allah, memuji Allah dan banyak istighfar. Dan memang ayat ini untuk menyikapi kemenangan dengan penuh tawadhu’. Tapi ada hal yang tersirat yang tidak disebutkan oleh para sahabat, dan ini yang diinginkan oleh Umar. Abdullah bin Abbas mengatakan ayat ini menunjukkkan dekatnya ajal Rasulullah sallallahualaihiwasallam. Umar mengatakan saya tidak melihat penafsiran yang lebih baik selain apa yang ditafsirkan oleh Abdullah bin Abbas. Dengan itulah para sahabat tahu bagaimana kedudukan Abdullah bin Abbas.

Abdullah bin Abbas sebagaimana disebutkan dalam kisah-kisah tentang beliau disebutkan bahwa beliau bisa melewati teman-temannya yang selevel. Ketika Rasulullah sallallahualaihiwasallam wafat, dia ajak teman temannya, mari kita segera menuntut ilmu dari para sahabat Nabi sallallahualaihiwasallam karena Nabi sudah wafat, mari kita menuntut ilmu agar kita juga bisa menjadi ulama. Teman-temannya mengatakan, “Masih banyak sahabat-sahabat yang senior bersama kita, apakah engkau mengira wahai Abdullah bin Abbas, kamu bisa menjadi seorang yang alim padahal masih ada Abu Bakar, Umar dan senior-senior yang lainnya?” Abdullah tidak menghiraukan hal tersebut, maka beliaupun tetap bersemangat untuk bermajelis bersama para sahabat yang senior dan akhirnya bisa mencapai level ilmu para sahabat yang jauh lebih senior daripada beliau. Adapun teman-temannya yang lain tetap begitu-begitu saja. Ini menunjukkan pentingnya himmah a’liyah (semangat tinggi) dalam menuntut ilmu.

Abdullah bin Abbas menceritakan tentang ahlu syuro yang lainnya yaitu Al-Hurr bin Qais. Beliau mengatakan bahwasanya Uyainah berkata, “Wahai anak saudaraku kamu ini punya kedudukan di sisi amir ini.”

Dan bisa dilihat ketidaksopanan dari Uyainah bin Husn dia tidak mengatakan عند أمير المؤمنين tapi ia mengatakan عند هذا الأمير “di sisi pemimpin ini”. Dan nanti juga akan kita lihat penyikapan yang tidak bersahabat dan bagaimana Umar bisa menghadapinya dengan penuh kesabaran.

فتستأذن لي عليه “minta izin kepada dia untuk saya”. Dan ini juga memberikan faedah bahwa kalau orang minta izin bahasa Arabnya yang benar adalah فتستأذن لي عليه  atau bisa juga أستأذنك. Ada orang terkadang mengatakan أستأذن منك dan ini salah, karena ketika ia memakai harfu jar maka yang dipakai adalah على dan bukan من. Dan ini dibahasakan “minta izinnya Uyainah kepada Al-Hurr bin Qais” sebagai memberi syafa’at, yaitu syafa’at yang baik.

قال سأستأذن لك عليه “saya akan meminta izin kepadanya untukmu”, beliau akhirnya mau menjadi perantara. Seperti ketika ada orang yang membutuhkan sesuatu dari seorang pemimpin tapi dia segan, lalu Anda punya kedudukan terhadap pemimpin tersebut, maka Anda bisa menjadi koneksi untuk dia selama untuk urusan-urusan yang halal, bukan pelanggaran sampai Anda mau menjadi pembela bagi dia, dan ini tidak boleh.

Beliau belum terlalu tahu apa kebutuhannya, tapi beliau berparasangka baik bahwa pamannya memiliki kebutuhan yang perlu untuk dibantu. Dan ini sama dengan kisah Abu Musa ketika menemani dua orang dari Asya’riyyin menghadap Nabi sallallahualaihiwasallam untuk keperluan. Tapi akhirnya Nabi sallallahualaihiwasallam memarahi Abu Musa karena ternyata dua orang itu datang untuk meminta jabatan padahal nabi telah menegaskan bahwa kita tidak memberikan jabatan kepada seorang yang ambisi atau yang mau. Abu Musa mengatakan, saya tadi tidak tahu kalau itu tujuannya. Karenanya, boleh kita memberikan syafa’at tapi bagusnya kita tanya dulu, apa maksud kedatangannya, begitupun dengan kisah kita ini ketika Al-Hurr menjadi koneksi untuk Uyainah bin Husn untuk menemui Umar.

Perlu dijelaskan bahwa Umar bin Khattab bukan seorang pemimpin yang sulit untuk ditemui, dan beliau seorang pemimpin yang tidak ada hajibnya (perantara) bahkan kadang didapati di jalan-jalan tanpa pengawal, dan beliau memang tidak mengenal hal yang seperti itu. Tapi kenapa harus ada permintaan khusus dari Uyainah bin Husn? Kata ulama kita yang diminta oleh Uyainah bin Husn bukan karena Umar banyak pengawalnya, tapi permintaan beliau ini adalah permintaan untuk menemui Umar secara rahasia empat mata, atau hanya ditemani oleh Al-Hurr bin Qais. Adapun sekAdar menemui Umar bin Khattab semua bisa menemui beliau, apa saja kebutuhannya silakan, cuma Uyainah minta untuk berbicara empat mata dan inilah yang diupayakan oleh Al-Hurr bin Qais.

Abdullah bin Abbas mengatakan فاستأذن لعيينة dalam sebagian riwayat Al-Hurr bin Qais mengatakan فاستأذنت لي عليه “Saya minta izinkan untuk dia”.

Kalau ada kata-kata Al-Hurr bin Qais bahwa saya meminta izinkan untuknya, ini menandakan bahwa beliau bukan cuma diceritakan, tapi ia juga mengisahkan langsung hadits ini, berarti beliau juga termasuk ahlu syuro Umar bin Khattab. Di sini pemilik musnadnya adalah Abdullah bin Abbas, artinya kalau hadits mau dicari, cari di Musnad Abdullah bin Abbas, karena dia perawinya. Tapi ada riwayat yang menunjukkan bahwa Al-Hurr bin Qais menceritakan sendiri kisahnya, cuma sebagaimana perkataan Ibnu Hajr tidak ditemukan di antara penulis kitab musnad yang menisbatkan ini langsung ke Al-Hurr bin Qais. Wallahu a’lam

Motif yang lain tidak sopannya Uyainah bin Husn ketika masuk dan langsung mengatakan يا ابن الخطاب “Wahai Anak dari Khottob”, seharusnya sikap sopannya dia mengatakan يا أمير المؤمنين “Wahai pemimpin kaum muslimin”. Dan ini sudah dua sikap ketidaksopannya kepada Umar bin Khattab.

والله ما تعطين الجزل “Demi Allah engkau tidak memberikan kami yang banyak”, seperti kalau kita mengatakan شكرا جزيلا “Terima kasih banyak”. الجزل asalnya adalah kayu bakar yang besar, tapi akhirnya dia dinisbatkan untuk sesuatu yang besar dan banyak. Perkataan ini mungkin muncul karena di perang Hunain ketika beliau sudah masuk Islam di Fathu Makkah, gonimah waktu itu sangat banyak dan Rasulullah memberikannya kepada kebanyakan yang masih dijinakkan hatinya, termasuk Uyainah bin Husn ini mendapatkan bagian yang banyak, maka beliau mencoba menganalogikan atau mengqiyaskan antara pemberian Nabi sallallahualaihiwasallam dulu dengan pemberian Umar bin Khattab, padahal Umar bin Khattab menganggap ini sudah cukup lama masuk Islam, bukan lagi orang yang perlu dijinakkan hatinya.

Dan ia juga mengatakan وما تحكم بيننا بالعدل “Dan kamu tidak adil”. Ia menganggap ada ketidakadilan, tidak ada pemerataan dalam pembagian. Padahal Umar bin Khattab orang yang sangat adil, Abdullah bin Umar menjadi saksi dari itu, bahwa beliau adalah seorang pemimpin yang sangat adil, penuh dengan kezuhudan masih dalam kekhalifahannya dan itu beliau buktikan sampai beliau wafat. Abdullah bin Umar tidak mendapatkan apa-apa dari kekhilafahan beliau. Tapi orang ini malah mengatakan seperti itu. Bayangkan kalau ada orang yang mengatakan hal seperti ini kepada Anda, padahal Anda sudah mengusahakan bagaimana bersikap adil, apatah lagi Anda adalah seorang pemimpin yang besar, bukan sekadar besar karena Anda adalah seorang pemimpin tapi badan Anda juga besar, seperti Umar bin Khattab. Kalau di zaman jahiliyyah maka orang ini sudah dihabisi oleh Umar bin Khattab. Umar waktu itu hampir berubah raut wajah beliau dan sempat beliau marah, dan ini wajar kalau beliau marah, sudah dikasi kesempatan berdua-duaan dengar Umar lalu berkata yang tidak sopan.

حتى هم بأن يقع به dan ini juga menunjukkan bagaimana pentingnya penasihat dari kalangan ulama pentingnya teman-teman dekat kita, juru nasihat kita dari kalangan ulama. Bayangkan kalau bukan ulama, mungkin ia akan mengatakan, “Wahai Amiirul Mu’minin, selesaikan saja orang ini,” atau “Saya panggilkan algojo-algojomu untuk menyelesaikan orang yang kurang beradab ini,” tapi seorang ulama, dialah yang senantiasa mengingatkan para pemimpin.

Kata Al-Hurr bin Qais ياأمير المؤمنين “Wahai amirul mu’minin”, bandingkan dengan perkataan Uyainah bin Husn sangat jauh berbeda. Wahai Amiirul Mu’minin إن الله تعالى قال لنبيه “Sesungguhnya Allah Ta’ala mengatakan kepada nabi-Nya”, memang ayat ini sifatnya umum sesuatu dalil itu dilihat dari keumumannya berlaku untuk semua tidak dilihat kepada siapa pertama kali turun yaitu kepada Nabi sallallahualaihiwasallam. Tapi kenapa beliau perlu mengatakan لنبيه ”? Untuk mengingatkan bahwa nabi saja diperintahkan, dan nabi lebih mulia daripada engkau ya Umar, Allah menyuruh Nabi-Nya untuk bisa bersabar.

خذ العفو وامر بالعرف وأعرض عن الجاهلين إن الله تعالى قال لنبيه “Sesungguhnya Allah mengatakan kepada nabi-Nya , maafkanlah dan perintahkanlah pada kebaikan dan berpalinglah dari orang jahil”. Dan kata ulama kita, ini adalah 3 akhlak yang terhimpun dalam satu ayat:

  1. Maafkan
  2. Perintahkan pada kebaikan
  3. Berpaling dari orang bodoh atau jahil.

Ayat ini kata sebagian ulama kita telah mansukh (terhapus), dinaskh oleh ayat-ayat tentang qital, ayat-ayat yang seperti ini yaitu memaafkan, ini sebelum turunnya ayat as-saif (pedang) ketika kaum muslimin masih lemah, maka perlakuan kaum musyrikin yang kadang kurang ajar kepada Nabi sallallahualaihiwasallam. Bahkan ada di antara mereka yang memukul beliau atau menaruh kotoran di hadapan Rasulullah ketika beribadah, dimaafkan saja karena memang belum ada kekuatan, nanti setelah ada kekuatan baru diperintahkan untuk memerangi mereka. Banyak ulama yang menyatakan bahwa ayat-ayat memaafkan telah dimansukh dengan ayat-ayat as-saif. Tapi dipahami dari istidlal Al-Hurr bin Qais dan penyikapan Umar bahwa ayat ini tidak dimansukh atau Muhkamah. Artinya ia tetap disesuaikan dengan keadaannya, jadi memang kadang dikatakan tidak semua orang disikapi yang seperti ini, ada orang yang memang cocok diperangi, dan ada juga yang perlu disikapi dengan lembut. Jadi ayat ini disesuaikan dengan keadaannya dan bukan tidak diamalkan secara mutlaq. Makanya ketika Al-Hurr bin Qais mengingatkan Umar dengan ayat ini, Umar tidak mengatakan tidak begitu maksud dari ayat itu, ayat tersebut mansukh, tapi beliau langsung menerima peringatan dari  Al-Hurr bin Qais.

و إن هذا من الجاهلين “Dan sesungguhnya ini termasuk orang-orang yang jahil”. Maka beliau mengatakan فو الله (demi Allah) dan inilah sikapnya seorang yang ketika diingatkan tidak buta dan tidak tuli mendengarkan peringatan, langsung ia istijabah. Dan inilah yang dikatakan waqqof (sangat berhenti) ketika mau memukul maka ia berhenti memukul, mau mendekati berhenti mendekati. Apa yang membuat ia berhenti? Batasan-batasan Allah, Allah mengatakan “Dan jangan melampaui batas “. Maka Umar bin Khattab yang membatasi gerakan beliau bukan manusia, tapi ketika disebutkan ayat atau hadits, dan ini cukup bagi Umar bin Khattab. Siapapun yang bacakan, meskipun anak kecil kalau ayat dan hadits beliau langsung menerima, dan inilah sikap seorang muslim. Dan inilah yang dikatakan Ali’tshom Bilkitaabi wassunnah, dan ini pulalah sebabnya kenapa sampai Imam Bukhari menyebutkan hadits ini dalam Ali’tshom Bilkitaabi Wassunnah. Karena beliau mau mneyebutkan contoh dari Umar bin Khattab, bagaimana seorang Umar seorang pemimpin yang disegani yang beliau mau mengerjakan apa saja yang tidak ada yang bisa mencegahnya kecuali ayat atau hadits yang mengingatkan beliau. Wallahu Ta’ala a’lam.

Loading

Tinggalkan Balasan