: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Tutup Tarbiyah Gabungan, Ketua STIBA Ungkap Rahasia Umat Salaf Lebih Unggul dari Umat Zaman Ini

(STIBA.ac.id) Makassar – Tarbiyah Gabungan yang dilaksanakan pada Sabtu malam ditutup dengan pengarahan dari Ketua STIBA, Ustaz Muhammad Yusran Anshar selepas shalat Subuh berjamaah di Masjid Anas bin Malik, Kampus STIBA Makassar (7/10/2018).

 Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut menyebutkan alasan mengapa umat salaf jauh lebih unggul dibanding umat hari ini, “Jika yang kita bandingkan adalah harta, teknologi, atau kuantitas, maka kita jauh lebih unggul dibanding mereka. Akan tetapi kita tidak bisa menyentuh kualitas rijal di antara mereka,” ujarnya.

Ustaz Yusran kemudian menceritakan profil Abdullah bin Mubarak, salah seorang salaf yang shaleh dan alim robbani. “Kelebihan Abdullah bin Mubarak adalah memiliki banyak guru, mempunyai semua jenis ilmu, zuhud, dermawan, sering berjihad dan beramal, dan ketakwaan di hati,” tuturnya dengan antusias.

“Kita kadang ingin menjadi bagian dari mereka (salaf) tetapi kita tidak melakukan seperti apa yang telah mereka lakukan. Padahal kesuksesan sejalan dengan kesulitan,” lanjutnya.

Menutup pembahasannya, beliau menyebutkan beberapa kesimpulan dari profil Abdullah bin Mubarak:

1.  Keutamaan dilihat dari ketakwaan.

2.  Keturunan yang shaleh umumnya lahir dari orang tua yang shaleh.

3.  Kebaikan ada pada setiap zaman.

4.  Mengambil pelajaran dari para salaf.

“Tarbiyah kita adalah tarbiyah yang akan menghasilkan insan yang memiliki akhlak yang baik, rasa takut kepada Allah, dan memiliki kekuatan yang akan mengembalikan izzah Islam,” pungkasnya.

 

Penulis berita: Muhammad bin Yusran

Foto: Juliadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *