: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Tarbiah di STIBA Tekankan Tazkiyatun Nafs

(STIBA.ac.id) Makassar –  Dalam Pertemuan Murabbi yang diadakan di Masjid Anas bin Malik, Selasa (19/03/2019), Ustaz Dr. Ahmad Hanafi, Lc., M.A. membawakan materi khusus tazkiyatun nafs.

Tazkiyatun nafs, tutur Ustaz Ahmad, adalah materi yang penting untuk diselipkan dalam setiap tarbiyah.

“Bahkan kalau dalam tarbiyah itu tidak ada pembahasan materi lain selain tazkiyatun nafs, maka itu sudah cukup,” ujar Waka IV STIBA Makassar tersebut.

Alumni program doktor Universitas Imam Muhammad bin Saud (Jami’atul Imam Muhammad ibn Su’ud) Riyadh Saudi Arabia ini mencontohkan salah seorang gurunya, Syekh Muhammad al-Mukhtar asy-Syinqithi. Syekh ketika menyampaikan pelajaran baik di kelas maupun di Masjid Nabawi, walaupun pembahasannya adalah bidang fikih, beliau tetap menyelipkan sentuhan nilai-nilai tarbawiah.

Siapa saja, menurut Ustaz Ahmad, diperintahkan untuk ber-tazkiyatun nafs. Bahkan pada tingkat orang sekelas Firaun sekalipun, Allah berfirman,

فَقُلْ هَل لَّكَ إِلَى أَن تَزَكَّى ﴿١٨﴾

“Dan katakanlah (kepada Fir’aun), “Adakah keinginan bagimu untuk membersihkan diri (dari kesesatan).” (QS. An-Naziyat: 18).

Di sisi lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, di antara doa yang sering beliau panjatkan adalah

اللهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا

“Ya Allah karuniakan ketakwaan pada jiwaku. Sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau-lah yang menjaga serta melindunginya.” (HR. Muslim).

Untuk pembahasan tazkiyatun nafs khususnya dalam halaqah tarbiyah, Ustaz Ahmad tetap merekomendasikan Mukhatasar Minhajul Qashidin karya Ibnu Qudama sebagaimana telah digunakan selama ini. Hal tersebut, menurut Ustaz Ahmad sangat tepat mengingat kitab ini hadir melalui proses yang cukup lama. Asalnya dari kitab Minhajul Qashidin yang ditulis Imam Ibnul Jauzi. Minhajul Qashidin sendiri adalah ringkasan dari kitab Ihya Ulumuddin karya Imam al-Ghazali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image