: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Aa Gym kepada Mahasiswa STIBA Makassar: Jadilah Ulama yang Saleh

(STIBA.ac.id) Makassar –  Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung, K.H. Abdullah Gymnastiar menyampaikan tausiahnya di Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar, Sabtu (9/11/2109).

Dalam taujihatnya, Aa Gym menyebutkan bahwa kesalahan seorang penuntut ilmu adalah ketika ia hanya menyibukkan diri terhadap ilmu, namun amalnya tidak berbanding lurus dengan tujuan mulia dari ilmu.  Ilmu dipelajari agar mampu mengantar pemiliknya dalam kebaikan. Hal ini disebabkan karena ia menuntut ilmu disebabkan hanya untuk diniatkan agar mendapat status di mata masyarakat.

“Bercita-cita menjadi orang saleh sudah cukup. Kalau takdirnya jadi ulama, jadilah ulama yang saleh karena tidak semua ustaz itu saleh, penyebabnya karena salah niat,” tuturnya.

Aa Gym menambahkan, seorang penuntut ilmu yang mengamalkan ilmunya juga dapat terjatuh ke dalam ilusi ilmu. Amalannya hanya berfokus pada amalan lahiriyah.

“Cirinya adalah pingin dipuji. Ada yang kelihatannya saleh tapi sering sakit hati karena hatinya bersandar ke makhluk bukan ke Allah,” ujarnya.

Selain menguraikan penyakit seorang penuntut ilmu yang harus dihindari, Aa Gym juga menjelaskan tentang akhlak karimah yang memiliki dua pondasi yaitu ketauhidan yang bersih kepada Sang Pencipta dan menjadi rahmat bagi semesta alam. Poin terakhir ini dapat dibangun dengan rasa empatik, suportif dan action.

Aa Gym juga menasihatkan agar umat dapat mengambil contoh kedisiplinan, ketertiban, kerapian, dan kejujuran dari negara maju. Ia mencontohkan beberapa negara seperti Jepang, Singapura, dan Australia. Menurutnya, semua yang ada di muka bumi ini adalah milik Allah yang diciptakan untuk orang yang beriman.

 

Reporter: Shiddiq Abdillah (UKM Pers)

Foto: Infokom Dema

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image