(STIBA.ac.id) Makassar –  Program KKN adalah miniatur masyarakat kita. Problem yang dihadapi seorang mahasiswa dilokasi KKN, itulah gambaran problem masyarakat kita secara umum. Maka sebagai dai, tidak boleh hidup eksklusif. Dai harus berbaur di tengah kehidupan masyarakat. Tahu apa masalah mereka, serta kesulitan yang mereka hadapi. Idealnya seorang dai harus tahu kebutuhan mereka yang kemudian diramu dalam konten-konten dakwah yang akan datang.

Hal ini disampaikan Ustaz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. saat menyambut secara resmi mahasiswa KKN STIBA Makassar, Kamis (27/02/2020) di Masjid Anas bin Malik. Sembari berkelakar, Ustaz Ahmad mengatakan, “Selama 40 hari Antum telah khuruj seperti teman-teman kita di Jamaah Tabligh. Nanti pengabdian bukan cuman 40 hari, tapi dua tahun.”

Lebih lanjut Ustaz Ahmad mengatakan bahwa setelah melakukan KKN, mahasiswa sudah memiliki gambaran apa yang akan mereka hadapi kelak di tengah masyarakat. Seorang mukmin yang bergaul dan berbaur merasakan langsung problem yang dihadapi manusia lebih baik dari mukmin yang tidak bergaul dan tidak bersabar dalam bergaul dengan manusia, seperti disebutkan dalam salah satu hadis.

Tridharma PT salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat. Jadi masyarakat bisa merasakan langsung manfaat dari suasana ilmiah di kampus.

“Ke depan, keberadaan STIBA harus dirasakan nyata. Di luar sana ada kampung Inggris. Di Temboro kalau waktu salat semua toko tutup. Di Darut Tauhid Bandung juga menyatu dengan masyarakat sekitar,” kata Ustaz Ahmad.

Ustaz Ahmad berharap program strategis ini (KKN) betul-betul membuat mahasiswa bisa merasakan besarnya amanah besar di pundak mereka untuk mengatasi problematika umat saat ini.

Sedikitnya ada tiga terapi penyelamatan umat yang diuraikan Ustaz Ahmad Hanafi yang terinspirasi dari Alquran Surah Alanfal dan Surah Hud. Pertama Allah tidak akan mengazab satu kaum sementara Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam masih ada di tengah mereka. Kedua, Allah tidak akan mengazab mereka selama mereka masih beristighfar. Untuk itu dibutuhkan peran dai untuk memberi kesadaran kepada umat.

وَمَا كَانَ اللّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (QS. Alanfal: 33).

Dan yang ketiga adalah dalam Surah Hud dikatakan bahwa Allah tidak akan mengazab akibat dosa mereka sementara penduduk negeri itu mushlihun (melakukan usaha perbaikan).

وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى بِظُلْمٍ وَأَهْلُهَا مُصْلِحُونَ

“Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Hud: 117).

Menurut Ustaz Ahmad, perlu ada gerakan ishlah (perbaikan). “Alhamdulillah kegiatan kita selama 40 hari lebih dilepas dengan haru dan tangis oleh masyarakat setempat. Tapi tujuan kita adalah bagaimana umat kita ikut berperan dalam usaha-usaha perbaikan umat. Harus ada orang-orang yang bisa melanjutkan usaha-usaha perbaikan yang sudah  kita mulai,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ketua STIBA tersebut juga mengingatkan mahasiswa bahwa KKN bukanlah akhir perjuangan. Karena itu, seperti disebutkan dalam Alquran,  jika telah selesai dari satu amalan maka bersegeralah melanjutkan dengan amalan lainnya.

“Nostalgia KKN mari kita tutup. Harus segera move on. Episode ke depan kita akan dilanjutkan dengan tugas-tugas baru,” tutur Ustaz Ahmad.

Mahasiswa juga diimbau agar tidak cepat merasa puas setelah KKN. “Alhamdulillah Antum telah merasakan sensasi ber-KKN, akan tetapi status Mahasiswa Antum tinggal menghitung hari. Setelah itu akan menjadi alumni dan akan mengabdi.”

Pembekalan alumni akan dipercepat sebelum wisuda di sela-sela mahasiswa menyelesaikan skripsi mereka. Pembekalan ini rencananya akan  disponsori oleh DPP Wahdah Islamiyah. Pembekalan akan berlangsung dua hari setiap pekan, pagi sampai Zuhur. Pembekalan ini jadi syarat untuk ikut ujian komprehensif.

Laporan: Putra Alam, Foto: Insan Kamil

Loading

Tinggalkan Balasan