(STIBA.ac.id) Makassar – STIBA Makassar mengadakan silaturahmi yang dihadiri para dosen dan pengelola, serta mahasiswa dan orang tua mereka, Ahad (14/06/2020). Silaturahmi ini diadakan secara daring mengingat pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Dalam sambutannya, Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. mengatakan, silaturahmi tersebut merupakan momentum kebahagiaan bertemu dengan orang-orang yang dicintai kendati tidak bertemu secara fisik. Dikumpulkan oleh Allah karena saling mencintai karena Allah.

“Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang akan dinaungi oleh Allah pada hari kiamat, di mana disebutkan dalam hadis bahwa ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah. Salah satunya adalah dua orang yang saling mencintai karena Allah, berjumpa karena Allah dan berpisah karena Allah pula,” ujar Ustaz Ahmad.

Beberapa hal terkait kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan STIBA Makassar selama pandemi Covid-19 dilaporkan Ustaz Ahmad.

“Pada pertengahan Maret kita mengumumkan untuk memulangkan mahasiswa. Kurang lebih tiga bulan kita melakukan kegiatan perkuliahan secara online. Disusul kemudian pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) juga secara online. Dan yang terakhir adalah pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan cara yang sama,” jelasnya.

Menurut Ustaz Ahmad, di awal pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang berlangsung daring ini, yang terlintas adalah kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaannya. Namun dengan terus mencoba dan berusaha, Allah membuka pintu-pintu kebaikan.

“Mudah-mudahan aktivitas yang kita lakukan selama pandemi ini bisa memberi pelajaran kepada kita bagaimana menerapkan kondisi sekarang ini dalam situasi yang normal kelak. Saat rapat terkait PMB, kita sudah melihat bahwa PMB dengan sistem online jauh lebih mudah. Kendalanya hanya tidak bisa bertemu secara langsung,” ungkap Ustaz Ahmad.

Banyak hal positif dalam pelaksanaan ujian seleksi camaba secara daring yang disebutkan wakil ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut. Biaya yang dikeluarkan oleh para calon maba lebih minimal. Calon maba dari berbagai daerah yang jauh seperti Sumatera, Papua, Jawa, Kalimantan dan daerah-daerah lainnya bisa mengikuti ujian tanpa perlu mengeluarkan biaya ujian di Kampus STIBA.

“Ini semua tidak lepas dari kehendak Allah, semua bisa ikut, biaya minimal. Satu-satunya kendala adalah jaringan. Maka mudah-mudahan ke depan, dalam kondisi normal kita akan terapkan PMB dengan sistem ini,” lanjutnya.

STIBA Makassar akan memulai kuliah pada tanggal 13 Juli. Ketua STIBA dalam kesempatan tersebut menyampaikan  bahwa pihaknya masih mempertimbangkan secara matang bagaimana mekanisme masuk asrama dan kuliah tatap muka.

Loading

Tinggalkan Balasan