(STIBA.ac.id) Makassar – Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. menjadi narasumber dalam kegiatan Silaturahmi antara mahasiswa beserta orang tuanya dengan para dosen dan pengelola STIBA Makassar. Silaturahmi virtual ini digelar dengan menggunakan aplikasi Zoom, berlangsung Ahad (14/06/2020).

Mengawali tausiahnya, Ustaz Yusran mengingatkan audiens tentang nikmat kesehatan dan nikmat dapat melakukan ketaatan kepada Allah. Demikian pula dengan nikmat ukhuwah yang mesti terus dijaga dan disyukuri.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini juga mengingatkan tentang pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

“Kita masih mengalami wabah yang Allah telah tetapkan bagi kita. Takdir Allah pasti baik bagi hamba-Nya meski kita belum tahu hikmahnya. Tentu saja umat Islam bukan umat yang menunggu, sekadar menanti datangnya kebaikan. Tapi umat Islam adalah umat yang bergerak,” kata Ustaz Yusran.

Covid-19 adalah tentara-tentara Allah. Dia datang dan akan pergi bukan atas kemauannya tapi atas takdir Allah. Karena itu Ustaz Yusran mengajak untuk melakukan perubahan. Musibah tidak datang kecuali ada sebabnya. Di antara sebab datangnya musibah, kata Ustaz Yusran adalah dosa-dosa hamba kepada Allah.

“Maka kita saling ingatkan, jika ingin mengubah keadaan mari kita ubah diri kita, selamatkan dan sucikan diri dari maksiat,” ujar Ustaz Yusran.

Di samping sebab syariat, ia juga mengingatkan civitas academika STIBA Makassar tentang sebab kauniyah.

“Mari kita patuh pada arahan ulama-ulama kita. Pakar medis pun telah memberi arahan, mari kita patuhi,” tegasnya.

Di bagian akhir, Ketua Senat STIBA Makassar tersebut menitipkan sejumlah nasihat kepada para mahasiswa, orang tua, dan dosen serta pengelola.

Kepada mahasiswa, Ustaz Yusran mengingatkan nikmat Allah karena telah terpilih untuk memikul warisan para nabi dan rasul yaitu ilmu.

“Kita bersyukur karena beruntung telah terpilih sebagai pewaris para nabi. Kita ingin mengambil warisan tersebut. Maka jadilah seorang penuntut ilmu di mana saja. Bukan cuma di kelas, atau di masjid, atau tempat-tempat tertentu. Tapi ilmu ada di mana saja. Manfaatkan waktu, jangan menunggu nanti sepulang ke STIBA baru mau kembali belajar,” kata Ustaz Yusran sembari mengingatkan bahwa ajal bisa datang kapan saja.

“Selain tetap menuntut ilmu di rumah,” lanjut Ustaz Yusran, “keberadaan Antum bersama orang tua juga perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mereka selama ini telah rela melepas Antum. Mereka merindukan datangnya anak yang saleh.”

Selama wabah covid merupakan waktu yang paling tepat untuk berbakti kepada orang tua. Mahasiswa diliburkan dan pulang ke kampung halaman mereka. Tinggal bersama orang tua di masa pandemi di mana orang-orang diimbau untuk tetap tinggal di rumah. 

“Di sinilah waktu untuk mewujudkan harapan dan keinginan Anda untuk berbakti kepada orang tua. Berkata yang santun, membantu melakukan apa saja yang mereka minta selama tidak melanggar syariat, mendoakan mereka, dan seterusnya,” tutur Ustaz Yusran.

Ustaz Yusran juga mengajak seluruh mahasiswa untuk  berbuat dan memberi manfaat di tengah-tengah masyarakat. Karena ilmu adalah risalah yang dibawa oleh Nabi shallallahu alaihih wasallam untuk seluruh umat manusia, bahkan untuk seluruh alam. Di masa pandemi yang masyarakat diimbau untuk tidak banyak keluar rumah dan berkumpul, hal ini dapat diwujudkan melalui karya-karya tulis dan semisalnya.

Kepada para dosen, ketua senat STIBA Makassar mengatakan bahwa amanah sebagai seorang dosen juga merupakan pilihan dari Allah. Karena itu, Ustaz Yusran mengimbau agar para dosen memperbanyak doa agar tetap istikamah mengemban amanah tersebut.

Ia berharap agar para dosen terus menambah kualitas mereka.

“Mari kita pelajari sejak sekarang apa yang harus kita persiapkan. Jangan sampai kualitas mahasiswa yang belum sesuai harapan kita, itu disebabkan karena kita yang tidak memberikan yang terbaik bagi mereka,” ujar Ustaz Yusran.

Menurutnya, ada banyak media yang bisa menghubungkan para dosen dan pengelola dengan mahasiswa. “Semua mahasiswa adalah anak-anak kita, yang pernah kita ajar atau tidak. Sekadar menyapa mereka, itu adalah hal yang sangat bermanfaat bagi mereka untuk menumbuhkan keistikamahan bagi mereka,” pungkasnya.

Loading

Tinggalkan Balasan