Dr. Musfir

Setelah sempat dikunjungi oleh Kepala Atase Militer Saudi Arabia Brigjen Usamah bin Muhammad asy Syuaibi beberapa waktu lalu, STIBA kembali menerima kehadiran Kepala Bina Mental Departemen Pertahanan Kerajaan Saudi Arabia Brigjen Dr. Musfir al-Qahthani, tepatnya pada hari Jumat, 19 Shafar 1436 H atau bertepatan dengan 12 Desember 2014 M.

Dalam kunjungannya ke STIBA Makassar, alumni Akademi Militer Kerajaan Saudi ini didampingi oleh Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. yang baru-baru ini terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Ikatan Ulama dan Duat Asia Tenggara.

Siapa sangka, militer berpangkat brigadir jendral ini adalah jebolan S3 Fakultas Syariah Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh. Tak heran, saat menyampaikan khotbah Jumat di masjid kampus STIBA Makassar, dalil-dalil baik dari al-Qur’an maupun hadits mengalir fasih dari lisannya. Dalam khotbahnya di hadapan mahasiswa STIBA dan masyarakat sekitar kampus, Dr. Musfir mengajak seluruh jamaah untuk mensyukuri nikmat Allah berupa karunia Islam.

“Di antara tujuh miliar penduduk bumi, hanya satu miliar yang beriman kepada Allah Azza wa Jalla,” ujarnya. Terlebih, lanjut beliau, Islam yang kita anut adalah Islam yang bermanhaj Ahlussunnah wal Jamaah, al Firqah an Najiyah yaitu golongan yang selamat. Kemudian beliau melanjutkan khotbahnya dengan membahas hadits terpecahnya umat Islam ke dalam 73 golongan. Hadits yang dikenal dengan sebutan hadits al-iftiraq.

Terkhusus kepada para mahasiswa, Brigjen Musfir mengingatkan agar kelak menjadi dai-dai yang menyebarkan Islam dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah. Sederet dalil keutamaan menjadi seorang daipun beliau paparkan sebagai motivasi bagi para mahasiswa untuk menjadi dai.

Usai menyampaikan khotbah, bersama Ustadz Muhammad Zaitun, Brigjen Musfir bertolak menuju Kodam VII Wirabuana untuk bertemu dengan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar, S.IP, M.AP.

Keesokan harinya, Sabtu pagi hingga Zhuhur, di aula gedung kampus putri, Syaikh Dr. Musfir al-Qahthani kembali memberikan kuliah umum di hadapan seluruh sivitas akademika STIBA Makassar. Tema yang diangkat kali ini adalah al-Amnu wa as-Salamah fi al-Islam (Konsep Keamanan dan Keselamatan dalam Islam).

Kuliah Umum kali ini dipandu oleh MC Adil, salah seorang mahasiswa program studi Perbandingan Mazhab dan Hukum. Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an oleh Idris Ridwanul Haq, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua STIBA yang memberikan perkenalan singkat kepada Syaikh tentang STIBA Makassar.

Dalam kuliah umumnya Syaikh memberikan motivasi kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk berdakwah dengan penuh hikmah dan mengedepankan akhlak yang mulia. Di samping itu, beliaupun mengingatkan akan bahaya aliran sesat utamanya Syiah dan liberal.

Kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang diajukan baik oleh mahasiswa maupun mahasiswi melalui tulisan. Dan Syaikhpun terlihat sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk tersebut hingga terdengar adzan Zhuhur yang mengakhiri kuliah umum tersebut.

Loading

Tinggalkan Balasan