batu1

Al-Ihsan adalah nama masjid kampus STIBA Makassar yang lama. Sejak Semester Ganjil tahun ini, Al-Ihsan tak lagi mampu menampung seluruh sivitas akademika di saat pelaksanaan shalat, khususnya shalat Zhuhur dan Jumat. Karena itu, pihak pengelola STIBA Makassar dan didukung penuh oleh Fokus STIBA (Forum Komunikasi Stakeholder/Simpatisan STIBA) menggagas perluasan masjid al-Ihsan.

Gayung bersambut, ide ini dengan cepat direspon oleh kaum muslimin, baik dari para simpatisan Wahdah Islamiyah maupun kaum muslimin pada umumnya. Alhasil, dana perluasan masjid yang terkumpul dapat melebihi target. Dari sinilah muncul gagasan baru untuk menggantikan masjid lama dengan bangunan yang sama sekali baru, bukan sekadar masjid lama yang diperluas.

Selasa 23 Shafar 1436 H/16 Desember 2014 M masjid al-Ihsan STIBA Makassar penuh sesak oleh para sivitas akademika STIBA dan tamu-tamu undangan. Hari itu adalah hari bersejarah bagi STIBA Makassar, di mana Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, M.S. berkenan hadir untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid kampus STIBA Makassar sebagai pertanda dimulainya pembangunan masjid kampus yang baru.

Hadir bersama Bapak Wagub rombongan yang terdiri dari sejumlah pejabat provinsi di antaranya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Agus Sumantri, Kepala Biro Mensprit H. Syamsibar, Plt. Dinas Pendidikan Salam Soba. Sementara Camat Manggala, Lurah Manggala, dan sejumlah tamu undangan lainnya juga tampak berbaur bersama hadirin lainnya dalam seremoni pelatakan batu pertama ini.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Ustadz Siswandi Safari, Lc. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. Dalam sambutannya, Ustadz Muhammad Yusran mengulas selayang pandang institusi yang saat ini dipimpinnya, latar belakang berdirinya hingga sejumlah kelebihan yang dimiliki STIBA Makassar.

Sambutan kemudian dari Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. selaku Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah. Disusul sambutan dari Bapak Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, M.S. Usai memberikan kata sambutan, Bapak Wakil Gubernur dan para hadirin kemudian beralih ke luar masjid untuk menjalani prosesi peletakan batu pertama masjid Anas bin Malik.

Tim teknis dari Fokus STIBA yang menangani langsung pembangunan ini merencanakan akan membangun masjid ini sebanyak dua lantai. Sehingga kebutuhan dana untuk pembangunan ini juga jauh lebih besar dari prediksi awal yang hanya menargetkan perluasan bangunan lama. Karena itu partisipasi dari kaum muslimin tetap diharapkan untuk menyukseskan pembangunan masjid yang akan jadi pusat kegiatan mahasiswa STIBA ini.

Loading

Tinggalkan Balasan