(STIBA.ac.id) Makassar –  Departemen Dakwah Dema STIBA Makassar menggelar kegiatan Webinar Peradaban Islam, Ahad (20/12/2020). Kegiatan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom. Pelaksana mengundang Ustaz Rahmat Badani, Lc., M.A. sebagai pemateri.

Acara berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WITA. Dimulai dengan sambutan dari ketua Dema STIBA Makassar, Seftha Sulaiman. Dalam sambutannya Sefta mengatakan, Dema akan senantiasa melaksanakan kajian secara tematik dan terbuka atas saran tema kajian.

“Para jamaah yang mungkin ingin request berupa tema atau kajian yang ingin dilaksanakan, bisa disampaikan ke panitia,” ujar Seftha.

Mengangkat tema ‘Mengenal Warisan Ulama’, acara itu dibuka langsung oleh kepala BAK, Ustaz Ahmad Amunir, Lc. Dalam sambutannya, Ustaz Ahmad Amunir menyampaikan pentingnya peran ulama yang mengarahkan dan membimbing umat kepada tegaknya peradaban Islam.

“Ulama merupakan sosok yang sangat dibutuhkan untuk diambil ilmunya. Ulama dihormati dan dimuliakan arahannya. Tapi realitasnya ada kesedihan dalam diri kita. Yang mana selama ini ulama mulai ditinggalkan, tidak dihormati. Penghormatan kepada tokoh-tokoh dalam masalah dunia justru lebih besar dari pada terhadap ulama. Maka ini merupakan problematika yang harus kita jawab bersama,” jelasnya.

Sebagai narasumber, Ustaz Rahmat Badani memulai materinya dengan menjelaskan secara rinci ulama yang patut dicontoh yaitu ulama rabbani. Mulai dari sifat, keutamaan, peran, hingga warisan ulama rabbani.

“Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya, maka dia telah memperoleh keberuntungan yang banyak.” (HR. Abu Dawud & Tirmidzi).

“Begitu pula dengan para ulama, para ulama juga tidak mewariskan apa-apa kecuali ilmu yang telah mereka ambil dari Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam,” jelas Ustaz Rahmat.

Sebelum sesi tanya jawab, di akhir penyampaiannya Ustaz Rahmat menjelaskan cara-cara menjaga warisan ulama, yaitu belajar ilmu syariat, belajar ilmu dengan bahasa Arab, mengikuti manhaj ulama dalam menuntut ilmu, mengamalkan ilmu, mendakwahkannya dan mengulang-ulang pelajaran.

Penulis: Dandi Saputra

Loading

Tinggalkan Balasan