.

(STIBA.ac.id) Makassar –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Asrama Putri STIBA Makassar mengadakan kegiatan al-Liqa al-Ukhawi, Jumat, (23/12/2022 M). Kegiatan dengan konsep nusantara dan mengangkat tema الإنسان بلا صديق كالورد بلا رحيق  dirangkaikan dengan sharing session bersama alumni.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Aisyahini merupakan acara tahunan Asrama Putri STIBA Makassar. Sebelumnya bernama at-Ta’lim as-Sakaniy lalu diganti menjadi al-Liqa al-Ukhawi. Salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat ukhuwah mahasiswi penghuni asrama dan memberikan penguatan kepada mahasiswi agar tetap kuat tinggal berasrama.

“Pergantian nama dari at-Ta’lim as-Sakaniy menjadi al-Liqa al-Ukhawi yang mana dari penamaannya lebih adem. Dan penamaan ini sangat tampak bahwa ada cinta di dalamnya. Tidak kita mungkiri bahwa semakin banyak perbedaan maka semakin indah persaudaraan itu,” kata Wakabag Akademik mewakili Kepala Keputrian STIBA Makassar dalam sambutannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 970 mahasiswi penghuni asrama dan para dosen putri STIBA Makassar. Mengangkat konsep nusantara di mana setiap mahasiswi berkumpul dengan teman asal daerah masing-masing. Dengan menampilkan berbagai persembahan, antara lain penampilan sembilan baju adat nusantara, syair empat bahasa (Gorontalo, Mongondow, Bugis, dan Papua), dan beberapa penampilan lainnya.

Dalam agenda Sharing Session penyelenggara menghadirkan tiga alumni, Ustazah Dewi Indriani, Lc., S.H., M.H., Ustazah Mirnawati, S.H. dan Ustazah Muhibbatuddinah, S.H.

“Semua yang ada di asrama adalah shadiq as-shalih, karena syarat utama seorang teman adalah seiman. Dan dalam kehidupan berasrama ketahuilah bahwa sebuah kebaikan dalam berjemaah akan mengabadi begitu pula dengan keburukan akan mengabadi pula,” pesan Ustazah Dewi.

Membahas tentang problematika hidup di asrama membuat para mahasiswi antusias untuk mendengar penyampaian dari alumni. Mulai dari berkisah pengalaman hingga memberikan tip dan trik serta solusi dari masalah yang dihadapi di asrama.

“Jika kita menemukan sifat saudari kita yang berbeda, tetaplah berprasangka baik kepada Allah karena sifat tersebut lahir atas kehendak Allah untuk menguji kita. Hidup berasrama tidaklah mudah namun kita yakin dengan keyakinan yang sangat kuat bahwa Allah ketika mencintai seorang hamba maka Allah akan mengujinya,” ujar Ustazah Mirnawati. 

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian apresiasi kepada beberapa penghuni asrama yang merupakan penghuni asrama teladan selama satu periode kepengurusan UKM Asrama Putri STIBA Makassar periode 1443-1444 H/2022-2023 M.

Laporan: Tim Humas Putri

Loading