(STIBA.ac.id) Makassar –  Jalan Ilmu, Jalan Pejuang Surga menjadi tema Kuliah Perdana STIBA Makassar Semester Genap TA. 1444 H/2022—2023 M. Acara yang digelar di Masjid Anas bin Malik tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D.

Dalam sambutannya, Ustaz Yusran mengingatkan mahasiswa tentang mabda’ (titik start) dan muntaha (finis) mereka.

“Kita harus sadar bahwa kita adalah pejuang yang sementara berjalan. Ada mabda’ dan muntaha kita. Orang berjalan yang tidak tahu bagaimana memulai maka dia akan salah orientasi. Dan orang yang tidak tahu sampai kapan dan ke mana tujuannya maka dia akan terus berkeliling dan tersesat dalam perjalanannya. Kita adalah thalibul ilmi yang merupakan pejuang Allah dan kita berjalan dalam rangka thalabul ilm,” ujar Ustaz Yusran di Masjid Anas bin Malik, Senin (23/01/2023).

Baca juga: Butuh Kesungguhan, Ketua STIBA kepada Peserta Kuliah Perdana: Menuntut Ilmu Adalah Jihad Kita – STIBA Makassar

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut juga mengutip perkataan Ibrahim bin Adham yang disebutkan oleh Imam al-Baghdadi dalam kitabnya Ar-Rihlah fi Thalab al-Hadits,

إن الله تعالى يرفع البلاء عن هذه الأمة برحلة أصحاب الحديث

Allah mengangkat malapetaka dari umat ini dengan adanya para penuntut hadis (penuntut ilmu).

“Maka Antum adalah orang-orang—dengan izin Allah dan taufik-Nya—yang menyelamatkan umat ini. Maka satu kebahagiaan ketika Allah memilih kita dalam hal ini. Tapi ingat, keikhlasan kita dalam menuntut ilmu, tiada lain karena Allah. Orang yang berjuang tapi tidak ikhlas maka tempatnya di neraka, bahkan Allah hinakan dengan dijerumuskan ke neraka pertama kali,” kata Ustaz Yusran.

Lebih lanjut, Ustaz Yusran mengatakan bahwa titik finis seorang penuntut ilmu adalah surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Muntaha kita bukan selesai di STIBA dapat gelar S-1, S-2, S-3, tapi kita tidak akan berhenti dalam perjuangan ini sampai ajal mendatangi kita,” tegasnya.

Baca juga: Narasumber Kuliah Perdana, Ustaz Ikhsan Zainuddin: Tidak Harus Jadi Ulama untuk Mendapatkan Keutamaan Menuntut Ilmu – STIBA Makassar

Kuliah Perdana awal semester ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa, pengelola, dan dosen ikhwan. Sementara akhwat menyimak melalui Kanal Youtube STIBA TV.

 77 total views,  4 views today