(STIBA.ac.id) Makassar –  Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar menetapkan Struktur Pengelola Periode 2023-2027, Senin (11/9/2023). Pengukuhan dilakukan oleh Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. di Masjid Anas bin Malik. Acara ini juga dihadiri oleh pimpinan DPP Wahdah Islamiyah dan Ketua Senat STIBA Makassar.

Dalam kesempatan ini, Ustaz Akhmad Hanafi mengungkapkan pentingnya pengukuhan pengelola sebagai tanda bahwa organisasi STIBA Makassar berjalan dengan baik. Ada regenerasi dan mutasi pengelola.

“Mudah-mudahan seluruh pengelola yang baru saja kita kukuhkan dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ustaz Akhmad.

Dalam sambutannya, Ustaz Akhmad juga mengungkapkan adanya perubahan signifikan dalam struktur pengelola STIBA Makassar. Salah satu perubahan utama adalah penggabungan Bidang Akademik dengan Bidang Kemahasiswaan.

“Kami telah menggabungkan Bidang Akademik dengan Bidang Kemahasiswaan untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan akademik dan kemahasiswaan berjalan secara seimbang. Tidak ada lagi dikotomi antara kegiatan akademik dan kemahasiswaan,” harap Ustaz Akhmad.

Selain itu, perubahan struktur lainnya meliputi penambahan Sekretariat, Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Pengawasan Bahasa Arab, serta Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan.

“Sekretariat akan menjadi pusat perencanaan dan pengembangan STIBA Makassar, termasuk rencana penambahan program studi dan perubahan status STIBA menjadi institut,” jelas Ustaz Akhmad.

Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Pengawasan Bahasa Arab dibentuk dengan tujuan meningkatkan kualitas bahasa Arab para mahasiswa.

“Pusat pembinaan karakter 5M dan kepesantrenan bertujuan untuk meningkatkan kualitas karakter mahasiswa STIBA Makassar dengan menerapkan pembinaan karakter berbasis 5M, yaitu Mu’min, Mushlih, Mujahid, Muta’awin, dan Mutqin,” tambahnya.

Dalam Musyawarah Pengelola Harian (MPH), Selasa (12/9/2023), Ustaz Akhmad Hanafi menyampaikan bahwa amanah yang diberikan kepada pengelola atau tenaga kependidikan merupakan bentuk kepercayaan dari Ketua STIBA Makassar.

“Amanah yang baru menunjukkan ada kepercayaan yang diberikan kepada Antum baik secara pribadi atau kolektif. Menentukan personil untuk membersamai ketua STIBA sebenarnya bisa ditentukan secara pribadi, tetapi tetap perlu dimusyawarahkan. Maka yang dibacakan kemarin itu adalah bentuk kepercayaan,” tuturnya.

Ustaz Akhmad juga menyampaikan bahwa amanah baru tersebut menunjukkan adanya potensi pada pengelola yang diamanahkan pada unit kerja tertentu.

“Terkadang seseorang memiliki potensi namun orangnya tidak menyadari potensinya. Maka dilihat mudah-mudahan potensinya cocok dengan amanahnya. Mungkin di awal ada yang merasa berat di posisi baru. Tetapi selain kepercayaan, kita juga memandang bahwa setiap pengelola memiliki potensi,” ujarnya lagi.

Ustaz Akhmad Hanafi kemudian menguraikan secara garis besar tugas dan fungsi setiap unit-unit kerja di STIBA Makassar.

Pada penutup tausiahnya, ia berpesan agar semua pengelola baru STIBA Makassar dapat bekerja sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) STIBA Makassar.

“Saya juga berpesan agar penyusunan program kerja harus terwarnai dengan karakter 5M. Keseragaman program kerja antara ikhwan dan akhwat juga perlu diperhatikan. Selain itu, Antum semua perlu memahami jalur koordinasi dan komando,” ungkapnya.

Masa Kerja 100 Hari sebagai Uji Coba

Ketua STIBA Makassar menutup sambutannya dengan penyampaian bahwa masa kerja 100 hari akan dijadikan sebagai uji coba. Jika ada unit kerja yang tidak mencapai kinerja maksimal, akan dilakukan reshuffle guna mencari solusi terbaik.

Loading