Penulis buku “Fikih Demokrasi,” Ustaz Rapung Samuddin, Lc., M.A., M.H.I., diundang sebagai Pemantik Diskusi Ilmiah dengan tema “Fikih Demokrasi” pada Rabu, (2/11/2023).

Diskusi ini diselenggarakan oleh Prodi Perbandingan Mazhab STIBA Makassar dan berlangsung secara Hybrid. Peserta mahasiswa mengikuti secara daring di Gedung Muaz bin Jabal lantai satu, sementara mahasiswi bergabung via zoom meeting di Aula Aisyah Kampus Putri.

Tujuan dari agenda ini adalah agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari selama di STIBA sehingga bisa berhujah secara benar.

“Dalam diskusi ini, kita mencoba memahami dan menggunakan ilmu-ilmu alat yang sudah dipelajari selama di STIBA. Bagaimana menerapkannya dalam mempertahankan pendapat dan hujah kita, sehingga dapat jelas mana yang kuat sesuai dengan hujah yang ada,” ujar Dosen Fiqh Qadha’ dan Siyasah Syar’iyyah Prodi Hukum Keluarga di Unismuh Makassar tersebut.

Ustaz Rapung membuka diskusi dengan membahas hubungan antara agama dan siyasah (politik). Menurutnya, tidak ada dikotomi antara siyasah dan agama.

“Tidak dapat dimungkiri bahwa siyasah dan agama merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, seperti dua sisi dari satu koin. Siyasah adalah agama, dan agama adalah siyasah,” ungkapnya.

“Ia menekankan peran besar siyasah dalam agama kita. Banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan melalui dakwah di atas mimbar dan bacaan-bacaan ayat Al-Quran atau hadis Nabi kita, namun dapat diatasi dalam waktu singkat melalui siyasah,” ujarnya.

Sebagai contoh, Ustaz Rapung membagikan kisah peran siyasah dalam menyelesaikan masalah seperti lokalisasi pelacuran Doli di Surabaya dan Alexis di Jakarta, yang meskipun telah didakwahi selama puluhan tahun, tetapi tetap beroperasi. Namun, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan perumusan dan tanda tangan dalam waktu singkat.

“Ketika orang-orang baik mengambil peran dalam siyasah, dalam satu jam atau satu malam, masalah dirumuskan, ditandatangani, dan besoknya tempat tersebut ditutup dan tidak buka lagi sampai hari ini,” tegasnya.

Siyasah diibaratkan sebagai payung bagi dakwah. Dakwah akan menghadapi kendala besar tanpa adanya payung, dan siyasah merupakan payungnya. Oleh karena itu, keliru dan salah bagi mereka yang mencoba memisahkan agama dan siyasah,” tambahnya.

Diskusi yang dipandu oleh Dosen Siyasah STIBA Makassar, Ustaz Saddam Nurdin, Lc., M.H.I., memanaskan suasana dengan pro dan kontra antara kelompok-kelompok yang hadir.

Reporter: Muh. Akbar

Loading