(STIBA.ac.id) Makassar – Lembaga Kemahasiswaan STIBA Makassar menggelar Grand Opening Muktamar, dirangkaikan dengan Seminar Kemahasiswaan yang berfokus pada tema “Eksistensi Lembaga Kemahasiswaan di Era 5.0”, Sabtu (11/11/2023).

Acara ini dihadiri oleh A.M. Iqbal Parewangi sebagai keynote speaker, dan beberapa pemateri seperti Abdul Qadir, S.T. (Ketua Bidang Pembinaan Generasi Muda DPP WI), Muhammad Ammar Naufal M.Ed., Ph.D. (Dosen Universitas Negeri Makassar), dan Syandri, Lc., M.A. (Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab Makassar).

Pembukaan acara dimeriahkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ahmad dan Kamil, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Dema STIBA Makassar, Dimas Fajar Ramadhan.

Ketua STIBA Makassar, Akhmad Hanafi Lc., M.A., Ph.D. menyampaikan pentingnya lembaga kemahasiswaan sebagai wadah untuk menggali aspirasi mahasiswa. Ia menekankan peran lembaga ini dalam melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa, sehingga ketika diutus ke masyarakat, mahasiswa sudah mempunyai skill atau kemampuan dalam memimpin dan mengatur masyarakat.

“Kita berharap agar lembaga kemahasiswaan kita diminati oleh mahasiswa kita, jangan sampai sebaliknya,” tambahnya sambil membuka secara resmi acara ini.

Keynote speaker, A.M. Iqbal Parewangi menyoroti peran muktamar sebagai pencetus perubahan. Ia menegaskan bahwa muktamar yang berhasil adalah yang mampu melahirkan perubahan positif.

“Muktamar harus melahirkan perubahan. Jika sebuah muktamar tidak melahirkan perubahan, maka tidak bisa dikatakan muktamar, tapi distruction atau kemunduran,” ujarnya.

Seminar Kemahasiswaan ini mempersembahkan tiga pembahasan menarik, yaitu “Peran Dakwah Generasi Muda di Era 5.0” yang disampaikan oleh Ustaz Abdul Qadir, S.T., “Peluang Lembaga Kemahasiswaan dalam Menghadapi Kurikulum Kampus Merdeka” oleh Muhammad Ammar Naufal M.Ed., Ph.D., dan “Model Pembinaan Lembaga Kemahasiswaan yang Efektif dan Efisien di Era 5.0 oleh Syandri, Lc., M.A.

Reporter: Muh. Ibnul Mubarak

Loading