(STIBA.ac.id) Makassar – Laporan Pertanggungjawaban Akhir (LPJA) periode 2023-2024 merupakan catatan yang penting bagi setiap unit kemahasiswaan putri STIBA Makassar. Ada lima unit yang terlibat dalam LPJA, yaitu Keasramaan Putri, Keputrian Dema, Raudhatul Huffaz, Jurnalistik, dan al-Fusha Bahasa. Rangkaian kegiatan ini berlangsung mulai dari hari Selasa hingga Sabtu, 18-22 Rajab 1445 H (30 Januari-03 Februari 2024 M), dengan penyelenggaraan secara bergantian di gedung Aisyah daring melalui zoom meeting.

Dengan tema “Optimalisasi Kepengurusan dan Kolaborasi untuk Mewujudkan Visi Bersama”, LPJA ini bertujuan untuk memantau perkembangan setiap unit kemahasiswaan, mengevaluasi kinerja pengurus selama satu periode kepengurusan, dan meningkatkan efektivitas kerja mereka.

LPJA dimulai dengan unit Kemahasiswaan Asrama Putri STIBA Makassar pada hari Selasa, 18 Rajab 1445 H (30 Januari 2024). Acara ini berjalan lancar dengan serangkaian sidang pleno yang melibatkan berbagai bidang tugas, mulai dari Ibadah dan Keamanan hingga Kebersihan dan Kesehatan. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 13.30 hingga 20.00 Wita di Aula Aisyah, dengan partisipasi sebanyak 140 anggota UKM.

Hari berikutnya, LPJA dilanjutkan dengan Keputrian Dema yang digelar di Aula Ummu Salamah. Acara ini juga berjalan dengan lancar dari pukul 13.30 hingga 18.30 Wita, melibatkan 67 anggota UKM.

Pada hari Kamis, giliran UKM Raudhatul Huffazh menyelenggarakan LPJA di Aula Ummu Salamah. Acara berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 18.00 WITA, dengan partisipasi sebanyak 40 anggota UKM.

LPJA dilanjutkan pada Jumat dengan UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar yang berlangsung hingga hari terakhir, Sabtu, 22 Rajab 1445 H (03 Februari 2024 M). Setelah LPJA selesai, acara Muktamar digelar dari pukul 13.30 hingga 22.00. Acara ini dihadiri oleh para tamu undangan, ustazah-ustazah, dan pembina UKM yang memberikan masukan, kritik, dan saran untuk pengembangan UKM di masa kepengurusan mendatang.

Selain LPJA, muktamar juga menjadi momen pergantian kepemimpinan. Beberapa ketua umum terpilih menggantikan posisi yang sebelumnya, menandai dimulainya periode kepengurusan baru tahun 2024-2025.

“Untuk mencapai sebuah impian maka butuh proses, maka bersabarlah menghadapi sebuah proses, dalam kepengurusan sebuah kritik adalah hal yang wajar, tidak ada yang sempurna tapi apa yang sudah kita berikan tidak  ada yang sia-sia,” ujar Ustazah Munawara, S.H., S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya.

“Terima kasih atas segala pengalaman dan pembelajaran yang telah kami rasakan selama satu periode kepengurusan. Meskipun hasilnya belum sempurna, namun kami telah memaksimalkan setiap proses. Tidak ada yang bisa kami ucapkan selain Jazaakumullahu ahsanal Jazaa,” lanjutnya.

Adapun Ketua Umum yang terpilih dan menggantikan posisi pejabat lama, sebagai berikut:

– UKK Kepesantrenan dan Keasramaan Putri STIBA Makassar oleh Putri Ramadhani Syuaib, menggantikan Nur Linda.

– Ketua Umum Keputrian Dema oleh Nur Hasanah, menggantikan Riska Wulandari.

– UKM Raudhatul Huffaz Putri oleh Filzah Nabilah Salsabil, yang alhamdulillah menjabat dua periode kali ini.

– UKM Jurnalistik oleh Indah Sari, menggantikan Ika Mustika Khairunnisa.

– UKM Al-Fusha dipimpin oleh Ridha Mardiah, menggantikan Miftahul Khairah.

Dengan dilaksanakannya Laporan Pertanggungjawaban Akhir dan Muktamar pada periode tahun 2023-2024, ini menjadi tanda dimulainya periode kepengurusan baru tahun 2024-2025.

Reporter: Cinta Febrianti, Iffa Karimah, Wafiq Azizah.

Loading