(STIBA.ac.id) Makassar – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar kembali menggelar Ujian Komprehensif tahun ini sebagai bagian integral dari program akademik. Institusi yang didirikan dengan visi memberikan pendidikan tinggi berkualitas dalam ilmu Islam dan bahasa Arab ini terus memperkuat perannya sebagai pusat akademik strategis dalam pengembangan sumber daya manusia unggul di bidang tersebut.

Ujian Komprehensif STIBA Makassar adalah tahap penting dalam penilaian akademik mahasiswa. Bertujuan untuk mengukur pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap materi yang telah dipelajari selama masa studi, ujian ini dilaksanakan mulai tanggal 5 hingga 13 Februari di Kampus STIBA Makassar. Sebanyak 298 mahasiswa semester VIII mengikuti ujian ini, yang dilakukan secara hybrid. Sebagian mahasiswa diizinkan untuk mengikuti ujian secara daring dengan alasan atau uzur yang sah.

Mata kuliah yang diujikan meliputi 5 juz hafalan Al-Qur’an, Qiraah Al-Kutub, Ushul Fiqh, Qawaid Fiqhiyah, Fikih Ibadah, Fikih Muamalah dan Munakahat, serta Faraidh. Mahasiswa semester VIII dibagi menjadi kelompok-kelompok untuk mengikuti ujian sesuai mata kuliah yang ditentukan setiap harinya. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa fokus dan mempersiapkan diri dengan baik untuk setiap ujian yang dihadapi.

Ka. Prodi Perbandingan Mazhab, Irsyad Rafi, menjelaskan bahwa ujian komprehensif tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya. Mahasiswa diizinkan membawa kitab atau buku yang relevan dengan mata kuliah yang diujikan, yang ditentukan oleh bidang akademik.

“Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah inti program studi yang telah diajarkan selama tujuh semester. Selain itu, diharapkan bahwa penguji akan menyusun soal-soal yang sesuai dengan inti pelajaran mata kuliah dan buku yang digunakan,” pungkasnya.

Reporter: Hendri Priamukti

Loading