(STIBA.ac.id) Makassar – Empat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan satu Unit Kegiatan Khusus (UKK) Putri STIBA Makassar menggelar sesi upgrading secara serentak pada Jumat-Sabtu, tanggal 13-14 Syakban 1445 H yang bertepatan dengan tanggal 23-24 Februari 2024 M.

Kegiatan ini menjadi agenda yang wajib diikuti oleh seluruh pengurus UKM dan UKK Putri STIBA Makassar. Dalam rangka upgrading ini, diselenggarakan empat sesi materi yang dipresentasikan oleh para narasumber berpengalaman dengan latar belakang kepengurusan yang beragam.

Penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat berbeda, yaitu lantai dua Aula Ummu Salamah untuk UKM Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Jurnalistik, Raudhatul Huffadz, dan al-Fusha, serta di Aula Aisyah untuk UKK Kepesantrenan dan Keasramaan Putri dengan jumlah pengurus yang lebih besar. Meskipun lokasinya berbeda, namun materi yang disampaikan tetap sama.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan seputar keorganisasian yang berkualitas serta memperkenalkan visi dan misi organisasi kepada para pengurus. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengurus UKM dan UKK Putri STIBA Makassar di awal masa kepengurusan dengan tema utama “Membangun Solidaritas dalam Mewujudkan Kepengurusan yang Berkualitas”.

Baca juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru STIBA Makassar Sudah Dibuka, Panitia Spill Syarat-Syaratnya: Berani Baca?

Sebagaimana disampaikan oleh ustadzah Fauziah Ramdani, salah satu pemateri yang membawakan tema ‘Bagaimana Leader Menginsipirasi Action’, bahwa pemimpin yang ideal haruslah optimis, visioner, dan memiliki keyakinan kuat dalam tindakan yang diambil.

Selain itu, materi tentang ‘Manajemen Dakwah Kampus’ juga disajikan dalam kegiatan ini untuk menjelaskan pentingnya manajemen dakwah dalam mencapai visi organisasi. ‘Grand Design Forum’ juga menjadi topik yang dibahas, di mana pengurus diajak untuk merancang forum agar dapat mencapai tujuannya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Tantangan yang mungkin dihadapi selama kepengurusan juga dibahas dalam kegiatan ini, dengan materi ‘Mentalisasi Aktivis Dakwah Kampus (ADK) Tangguh Menghadapi Tantangan’. Para pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah ahli di bidangnya masing-masing.

Materi pertama tentang Manajemen Kepemimpinan dipresentasikan oleh Ustazah Nurhidayah, S.Pd., Ustazah Sa’adal Jannah, S.H., M.E., dan Ustazah Fauziah Ramdani. Sedangkan materi kedua tentang Manajemen Organisasi disampaikan oleh Ustazah Andi Dahmayanti S.Si., M.Si, Ustazah Rahma, dan Ustazah Fauziah Ramdani.

Materi ketiga tentang Mentalitas Aktivis Dakwah Kampus (ADK) dibawakan oleh Ustazah Sa’adal Jannah, S.H., M.E., Ustazah Munawwarah, S.Pd., M.Pd., dan Ustadzah Nurhidayah, S.Pd. Sementara itu, materi keempat tentang Grand Design Forum dipresentasikan oleh Ustazah Dewi Indriani, Lc., S.H, M.H, Ustazah Andi Damayanti, S.Si., M.Si., dan Ustazah Sri Rezki Nur, S.H., M.H.

Antusiasme para pengurus dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam menjawab serta mengajukan pertanyaan kepada para pemateri.

Laporan: Tim Humas Jurnalistik Putri STIBA Makassar

Loading