(STIBA.ac.id) Makassar –  Bagian Pengembangan dan Pengawasan Bahasa (P2B) STIBA Makassar menggelar acara pembahasan mengenai urgensi bahasa Arab dalam perkembangan Islam, terutama dalam konteks dunia pendidikan.

Perhatian terhadap penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa resmi di lingkungan kampus menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan acara ini, mengingat adanya kecenderungan hilangnya eksistensi kepedulian sebagian mahasiswa STIBA Makassar terhadap bahasa tersebut.

Baca juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru STIBA Makassar Sudah Dibuka, Panitia Spill Syarat-Syaratnya: Berani Baca?

Ketua P2B, Andi Muh Aras H., menyatakan bahwa kajian dengan tema bahasa Arab ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari.

Acara ini dihadiri oleh Pembina P2B, Ustaz Surahman Yalu Yatie, Lc., dan diisi dengan pidato dari Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D.

“Bahasa Arab bukan sekadar alat komunikasi, tetapi juga merupakan bagian integral dari agama Islam,” tegas Ketua STIBA Makassar dalam sesi pengarahannya kepada mahasiswa yang menghadiri kegiatan tersebut pada Kamis malam, 26 Syakban 1445 H (07/03/2024).

Ustaz Akhmad juga mengungkapkan bahwa salah satu strategi halus musuh-musuh Islam adalah dengan menjauhkan umat Muslim dari penggunaan bahasa Arab.

“Bahkan, orang Arab sendiri terkadang mengabaikan penggunaan bahasa Arab yang baik (fushah),” tambahnya.

Lebih lanjut, Ustaz Akhmad menekankan bahwa kemajuan pendidikan Islam di Indonesia tidak akan tercapai jika para pengajar tidak memiliki pemahaman yang cukup dalam bahasa Arab.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta.

Reporter: Muh. Fathona Sibali

Loading