(STIBA.ac.id) Makassar –  Di antara tanda kekuasaan Allah adalah menciptakan berbagai bahasa (QS. Ar-Ruum: 22). Sebagian pakar bahasa mengatakan jumlah bahasa pokok yang digunakan umat manusia sekarang ini tidak kurang dari 3.000 bahasa. Barangkali angka ini belum mencakup bahasa daerah karena di Indonesia saja sudah memiliki 652 bahasa daerah.

Hal ini dikemukakan Ketua Senat STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. saat menjadi pembicara dalam Seminar Internasional Bahasa Arab yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Unismuh Makassar.

Dalam seminar yang bertema Urgensi Mahabbah Bahasa Arab sebagai Sarana Komunikasi Global ini, Ustaz Yusran menegaskan keutamaan bahasa Arab. Bahkan mantan Ketua STIBA Makassar ini mengatakan bahwa bahasa Arab adalah bahasa termulia di muka bumi ini. Alasannya,  karena Allah memilihnya menjadi bahasa kitab suci yang paling mulia yaitu Alquran. Sementara  segala hal yang berkaitan dengan Alquran akan menjadi mulia.

Ustaz Yusran membacakan firman Allah dalam Surah asy-Syu’ara: 192-195. Dalam ayat tersebut, Allah menyebutkan kemulian Alquran karena Allah yang menurunkannya, dibawa oleh Jibril malaikat termulia, kemudian diturunkan kepada Nabi yang paling mulia dan dengan bahasa Arab yang jelas.

Ia juga mengutip pernyataan Imam Syafii, “Bahasa Arab adalah bahasa yang paling luas dan memiliki lafal yang terbanyak serta tidak seorang pun yang mampu menguasai seluruh cabang ilmunya secara sempurna kecuali Nabi shalllalllahu alaihi wasallam.” (Kitab ar-Risalah, halaman 34).

Ustaz Yusran juga menukil ayat-ayat dalam Alquran yang menunjukkan bahwa Alquran diturunkan oleh Allah dalam bahasa Arab, di antaranya dalam QS. Yusuf: 2, Annahl: 103, Thaha: 103, Asysyuara: 192-195, Azzumar: 28, Fushshilat: 3, Asysyura: 7, dan Azzukhruf: 3.

Ternyata Belajar Bahasa Arab Wajib, Ini Dalilnya

Ustaz Yusran juga menyampaikan wajibnya mempelajari bahasa Arab dalam pemaparannya. Dalilnya ada dalam Alquran Surah Yusuf: 2, dan Surah  az-Zukhruf: 3. Dalam kedua ayat ini Allah menyebutkan bahwa Alquran diturunkan dalam bahasa Arab untuk dipahami.

Umar bin Khattab radhiyallahu anhu berkata, “Pelajarilah bahasa Arab karena dia menguatkan akal dan menambah muruah.” (Syuabul Iman, 3/210) dan dalam riwayat lain beliau berkata, “Pelajarilah bahasa Arab, pengungkapan yang baik dan dalamilah agama.” (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 6:116).

Sementara Ubay bin Kaab ra. mengatakan, “Pelajarilah bahasa Arab sebagaimana kalian berupaya menghafal Alquran.” (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 6:116)

Mantan Ketua STIBA Makassar ini juga membawakan perkataan Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah yang mengatakan, “Bahasa Arab adalah syiar Islam dan pemeluknya, bahasa adalah syiar paling utama bagi setiap umat yang membedakan mereka dengan lainnya. Oleh karena itu, kebanyakan fukaha mengatakan dimakruhkan berdoa dan zikir  dalam shalat selain bahasa Arab.” (Iqtidho ash-Shirat al-Mustaqim, 1: 519)

Bahasa Arab, lanjut Ustaz Yusran, adalah bagian dari ad-Dien dan syiar yang harus disebarkan di tengah-tengah umat. Oleh karenanya kaum muslimin ketika mendakwahkan dan menyebarkan agama Islam mereka juga menyebarkan bahasa Arab di kaum tersebut.

Contohnya adalah Mesir. Sebelum datangnya Islam, dulu penduduk Mesir berbahasa Qibti, namun ketika sahabat Amru bin Ash ra. menaklukkan negeri Mesir di tahun 21 H. ia pun menyebarkan bahasa Arab  disamping mengajarkan ajaran-ajaran Islam lainnya. Akhirnya, Mesir saat ini adalah salah satu pusat pengajaran dan peradaban bahasa Arab.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini juga menyebutkan sejumlah keistimewaan bahasa Arab, di antaranya:

  • Lebih dari 1.000 kosa kata bahasa Arab diserap ke dalam bahasa Inggris dan sekitar 270 digunakan dalam bahasa sehari-hari.
  • Bahasa Arab terdiri dari 28 huruf tanpa pengulangan, sedangkan bahasa Inggris hanya terdiri dari 26 huruf dan itupun sebagiannya berulang.
  • Ada beberapa huruf dalam bahasa Arab yang tidak terdapat dalam bahasa manapun, seperti: الحاء (ح)، الخاء (خ)، الضاد (ض)، الطاء (ط)، الظاء (ظ)، العين (ع)، الغين (غ)، القاف (ق).
  • Kosa kata yang bersinonim dalam bahasa Arab juga sangat banyak, seperti sinonim kata singa sebanyak 400 kata, pedang 300 kata, ular 200-an kata, unta 255 kata, air 170 kata, khamar 100 kata, dan hujan 70-an kata.

Pembahasan terakhir, Ustaz Yusran menjelaskan bahwa bahasa Arab itu mudah dipelajari. Pernyataannya didasarkan pada Surat Alqamar ayat 17, 22, 32 dan 40. Empat kali Allah menegaskan bahwa Alquran mudah dipelajari dan dihafalkan. Dengan demikian, bahasa Alquran juga mudah dipelajari dan difahami.

Di antara bukti yang disebutkan Ustaz Yusran bahwa bahasa Arab mudah dipelajari adalah sebagian ahli tafsir bukan orang Arab, seperti Imam Thabari dan Imam Qurthubi. Demikian pula para penulis hadis Kutub Sittah yaitu Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasaai dan Ibnu Majah semuanya bukan asli Arab.

Bahkan lebih dari itu, berapa banyak pakar bahasa Arab yang menjadi rujukan dunia justru bukan orang Arab, seperti Sibawaih, Ibnu Faris, Ibn Jinni, Zamaksyari, dan Ibnu Malik penulis Alfiyah.

Sebagai penutup, Ustaz Muhammad Yusran menasihati dan memotivasi peserta khususnya para mahasiswa di Prodi PBA untuk semangat dan berbangga mempelajari bahasa Arab, karena hal tersebut merupakan bagian dari agama dan kemuliaan seorang muslim.

“Biasakan bercakap bahasa Arab karena itu syiar Islam yang seharusnya kita bangga dengannya, dan jangan pernah merasa dan berkeyakinan bahwa bahasa Arab susah. Yang penting kita mau dan belajar dengan sungguh-sungguh dan tepat dalam metodenya,” pungkas Ustadz Yusran di Aula Perpustakaan Multimedia Unismuh Makassar.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Dekan PAI Unismuh Dr. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I., Rabu (18/12/2019) ini dihadiri oleh sejumlah unsur pimpinan dan dosen di Prodi PBA dan Fakultas PAI Unismuh beserta para mahasiswanya, mahasiswa luar Unismuh serta masyarakat umum.

Selain Ustaz Yusran, pelaksana juga menghadirkan Mahmoud Mohammed Mousa Fallata (Pengajar Bahasa Arab di University of Africa Sudan) sebagai Keynote Speaker. Dan Muhammad Chair Hijaz, Lc., M.A. (Dosen Ma’had al-Birr) serta Syekh Dr. Ali Abu Safia (Lembaga Kebudayaan dan Pendidikan al-Quds) sebagai narasumber.

Loading

Tinggalkan Balasan