(STIBA.ac.id) Maros – “Jumat Berkah” merupakan salah satu program unggulan mahasiswa KKN di Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Berbagi kue yang diadakan setiap hari Jumat ini, selain untuk berharap pahala juga bertujuan untuk memperat hubungan silaturahmi antara mahasiswa dengan  masyarakat setempat. Kegiatan ini berpusat di RW 1 Pakalu dan RW 2 Tompo Balang.

Salah seorang ibu rumah tangga bernama Aisyah menyampaikan kesannya kepada Hartati, mahasiswi KKN STIBA Makassar. Ibu Aisyah sudah dua tahun terkena stroke. Ia bahkan sudah hampir frustrasi karena kondisinya itu.

“Saya merasa tidak berdaya. Tidak bisa melakukan aktivitas seperti yang dilakukan oleh ibu rumah tangga pada umumnya. Ditambah lagi letak rumah saya yang berada di pinggir sawah, membuat saya merasa kesepian. Alhamdulillah mahasiswi KKN STIBA Makassar, sering berkunjung ke rumah, hingga rasa kesepian itu perlahan terobati,” tutur Ibu Aisyah.

Ibu Aisyah menambahkan, mahasiswa KKN STIBA sering membagikan kue kepada masyarakat setempat, termasuk dirinya.

Warga lain bernama Suherman juga mengapresiasi program ini.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar, karena telah mengadakan program “Jumat Berkah” dengan membagikan kue untuk masyarakat. Tentunya, secara tidak langsung mengingatkan kepada kami akan pentingnya berbagi, karena dengan berbagi akan memperat hubungan silaturahmi antartetangga,” ujar Suherman.

Ia berharap agar program ini dapat memotivasi masyarakat terutama masyarakat  Pakalu Kelurahan Kalabbirang untuk lebih peduli terhadap sesama dan lebih giat dalam besedekah.

Sebulan berada di lokasi KKN Posko Kelurahan Kalabbirang, mahasiswa STIBA telah melakukan banyak kegiatan. Di antaranya adalah:

Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Seperti dilaporkan oleh Hudzaifah Hizburrahman, Kegiatan ini terlaksana pada hari Sabtu (01/02/2020) di Masjid Nurul Muttaqin Pakalu. Walau diguyur hujan deras sejak dini hari, tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk hadir dalam acara tersebut. Terutama jamaah binaan mahasiswi dari kalangan ibu-ibu.

Turut hadir Muhammad Hasan selaku Lurah Kalabbirang, Ketua MUI Bantimurung Drs. H. Abdul Latif Kulle, perwakilan Polsek dan Koramil Bantimurung, dan Muslimah Wahdah Daerah Maros.

Materi pelatihan disampaikan oleh Ustaz Asri, Lc., M.A., salah seorang dosen STIBA Makassar. Ia membawakan materi yang berjudul “Kematian Adalah Sebuah Kepastian” sekaligus menjelaskan tata cara penyelenggaraan jenazah.

Ketua MUI saat menyampaikan sambutan memaparkan bahwa selama menjabat sudah mendapatkan banyak kepercayaan warga (63 pammali’) dalam proses penyelenggaraan jenazah, harapannya agar program ini bisa menjelaskan lagi ke warga setempat tentang hal tersebut.

“Adat kalau sudah menyalahi agama tidak bisa dijadikan landasan hukum, karena pasti sangat bertolak belakang. Dengan adanya acara ini semoga bisa memahamkan masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Lurah Kalabbirang.

Iptu Mappiare Kapolsek setempat berujar setelah mendapatkan jawaban yang memuaskan dari pemateri, “Saya sudah beberapa kali hadir dalam pelatihan seperti ini dan saya selalu menanyakan pertanyaan ini, namun baru kali ini saya puas setelah mendapatkan jawaban dari ustaz,” katanya.

Setelah penyampaian materi dari Ustaz Asri, jamaah laki-laki dan perempuan dipisah ketika proses praktik penyelenggaraan jenazah. Jamaah laki-laki dipandu oleh Ahmad Arfah Mansyah (Mahasiswa STIBA) dan Ketua MUI Bantimurung,  sedangkan jamaah perempuan dipandu oleh mahasiswi STIBA dan Muslimah Wahdah Daerah Maros.

Mengajar di beberapa sekolah

Huzaifah juga melaporkan bahwa setiap hari jadwal mereka selalu penuh dengan kegiatan mengajar di sekolah-sekolah.

“Sekarang sudah lima sekolah yang ditangani langsung oleh mahasiwa KKN STIBA, yaitu TK-IT & SD-IT Rabbami, SD 121 Bantimurung, SMP 4 Bantimurung, MTs & MA. Ponpes Firdaus, dan SMK 2 Maros. Melalui pengajaran ini, kami juga mengajak para siswa untuk meramaikan program yang lain seperti belajar tahsin, Dirosa, dan bahasa Arab secara gratis, taklim, dan lainnya,” ujar Huzaifah.

Nasir, salah seoarang  guru agama di SMP 4 Bantimung mengatakan bahwa kedatangan mahasiswa STIBA sangat mereka nantikan. Menurutnya, kehadiran mahasiswa sangat membantu pengajaran di sekolahnya, mengingat kondisi sekolah yang masih minim guru agama.

Begitu pula testimoni dari Martono sebagai guru agama di SMK 2 Maros, ia mengatakan, “Di sini hanya ada dua guru agama untuk 24 kelas’ Jadi kehadiran mahasiswa sangat membantu kami. Apalagi mahasiswa STIBA yang berlatar belakang kampus Islam dan mempunyai keilmuan yang memumpuni untuk mengajar.”

“Program ini kami jadikan sebagai ajang mencari pengalaman dalam mengajar sekaligus mengetahui bagaimana karakter siswa yang berbeda-beda tingkatan sekolah TK sampai SMK,” kata Irfansyah mahasiswa KKN STIBA Makassar.

Loading

Tinggalkan Balasan