(STIBA.ac.id) Makassar – Pandemi Covid-19 menjadikan Ramadan tahun ini (1441 H-2020 M) berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dampak yang paling terasa bagi kaum muslimin adalah adanya imbauan untuk beribadah di rumah saja. Akibatnya masjid-masjid  yang biasanya lebih ramai di bulan Ramadan kini sepi dari salat berjamaah lima waktu, tadarus, buka puasa bersama, salat dan ceramah tarawih, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Masjid Anas bin Malik, masjid megah yang berdiri di kompleks Kampus STIBA Makassar  ini pun ikut terdampak virus asal China tersebut. Bahkan sejak awal pengumuman kasus pertama di Indonesia, Masjid Anas bin Malik telah “menutup pintunya” dari salat berjamaah (16/03/2020). Seruan azannya pun tak lagi menggunakan lafaz hayya ‘alash shalah, tapi diganti shallu fi buyutikum.

Sebagai bentuk layanan kepada masyarakat yang diimbau untuk lebih banyak di rumah dan beribadah di rumah saja, selama Ramadan tahun ini STIBA Makassar menyelenggarakan Ceramah Tarawih dan Kajian Duha secara daring. Kedua kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube STIBA Tv.

Ceramah tarawih dengan tema-tema keislaman dibawakan oleh dosen-dosen STIBA Makassar. Berlangsung setiap malam pukul 20.15—21.00 Wita. Sementara Kajian Duha tentang pembahasan Tadabbur Alquran yang dikaji dari kitab Liyaddabbaru Ayatihi karya Syekh Prof. Dr. Nashir bin Sulaiman al-Umar dengan Narasumber Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. Kajian yang berdurasi  60 menit ini juga berlangsung setiap hari pada pukul 10.15—11.15 Wita.

Kanal Youtube STIBA Tv: https://www.youtube.com/channel/UCSVjjNA5WgnfIKMeaMj6hhw

Loading

Tinggalkan Balasan