IMG_0235

Kuliah Perdana Semester Genap TA. 1435—1436/2014—2015 yang baru-baru ini digelar, menghadirkan Ustadz Aswanto Muhammad Takwi, Lc. sebagai narasumber utama. Ustadz Aswanto adalah salah seorang dosen STIBA Makassar yang mendapat amanah tugas belajar di Universitas King Su’ud Riyadh. Jebolan Fakultas Hadits Universitas Islam Madinah ini memilih jurusan Tafsir Hadits.

Di hadapan seluruh mahasiswa dan para dosen, Ustadz Aswanto menyampaikan tak kurang dari 10 wasiat yang ditujukan bagi para penuntut ilmu. Di antara 10 wasiat itu adalah:

1. Ikhlaskan niat

Menuntut ilmu adalah ibadah terbaik setelah al-faraidh. Namun keutamaan-keutamaan menuntut ilmu yang telah dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya tak akan pernah diraih tanpa niat yang ikhlas.

2. Tentukan skala prioritas dalam menuntut ilmu

Mulailah dari yang paling penting sebelum perkara-perkara yang kurang penting lainnya. Sebagai contoh, seorang mahasiswa di program studi I’dad Lughawi, maka cabang ilmu yang paling penting yang harus ia pelajari adalah bahasa Arab.

3. Bertahap dalam menuntut ilmu

Titik start menuntut ilmu bukan pada perkara-perkara yang rumit, tapi dimulai dari hal-hal sederhana sebelum beralih kepada persoalan-persoalan yang lebih jelimet.

4. Menuntut Ilmu dari guru yang terpercaya

Jangan ceroboh dalam memilih guru agar tidak mendatangkan penyesalan kelak di kemudian hari. Ilmu adalah dien, maka lihatlah dari siapa Anda mengambil ilmu itu.

5. Sumber ilmu

Ambillah ilmu dari sumber-sumbernya yang valid. Bukan sekadar membaca majalah-majalah lalu mencukupkannya tanpa merujuk ke sumbernya yang autentik.

6. Sederhana dalam menuntut ilmu

Kontrol semangat agar tidak melebihi kemampuan dan waktu yang ada. Bersikaplah pertengahan. Tidak berambisi untuk menguasai seluruh cabang ilmu, atau menghafal di luar batas kemampuan. Sederhana namun kontinyu itu lebih baik, daripada banyak namun berakhir pada sikap futur.

7. Jauhi sikap fanatik terhadap ustadz atau guru yang dapat berujung pada pengultusan, di mana seluruh perkataannya adalah benar dan yang menyelisihinya dijamin salah. Semua manusia bisa benar, mungkin juga salah.

8. Manfaatkan waktu dengan baik. Tujuan kita ke STIBA untuk menuntut ilmu, maka gunakan waktu yang ada untuk meraih tujuan tersebut.

9. Amalkan ilmu

Tujuan menuntut ilmu adalah untuk diamalkan. Allah akan memberi petunjuk kepada hamba-hamba-Nya yang banyak beramal.

ayat

 

 

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut: 69).

10. Kampus kita adalah amanah, milik bersama, maka jagalah nama baik kampus kita di manapun kita berada. Jika sedang berada di luar kampus, maka ingat bahwa kita adalah duta-duta STIBA. Kebaikan maupun keburukan yang kita lakukan—wal ‘iyadzu billah—tidak akan dipandang masyarakat sebagai tindakan person-person, tapi sebagai wakil dari institusi; Kampus STIBA yang kita cintai.

Ustadz Aswanto Muhammad Takwi—hafizhahullah—selama beberapa waktu akan menghabiskan sisa hari liburnya di tanah air, sebelum akhirnya akan bertolak ke negeri Saudi untuk kembali bergelut dengan rutinitas-rutinitas seorang penuntut ilmu. Semoga Allah memudahkan segala urusan beliau.

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan