IMG_0319

Ahad, 13 Rabiul Akhir 1436/01 Februari 2015, Wahdah Islamiyah mengadakan Tarbiyah Gabungan sekaligus launching Getar Nusantara (Gerakan Tarbiyah Nusantara) di Aula Gedung Perkuliahan STIBA Putri. Tarbiyah gabungan ini selain dihadiri oleh sivitas akademika STIBA Makassar juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah beserta seluruh jajarannya dan kader-kader Wahdah Islamiyah se-Kota Makassar.

Dalam penyampaiannya, Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. mengungkapkan keprihatinannya akan banyaknya fitnah yang mendera bangsa ini, khususnya kaum muslimin baik dalam maupun luar negeri. Gerakan-gerakan destruktif yang dapat menghancurkan akidah, persatuan, dan akhlak kaum muslimin. Demikian pula dengan konspirasi-konspirasi dari musuh-musuh Islam yang hanya menawarkan dua pilihan, mengikuti keinginan mereka atau dieliminiasi dari muka bumi.

Kondisi kelam umat saat ini, kata Ustadz Zaitun merupakan tanggung jawab kita bersama. Karena itu, beliau memotivasi kader-kader Wahdah Islamiyah untuk lebih memaksimalkan program dakwah dan tarbiyah untuk memperbanyak kader.

Memperbanyak kader yang dapat dilibatkan dalam dakwah dan tarbiyah merupakan hal yang urgen. Setidaknya tiga alasan disampaikan oleh Ketua Ikatan Ulama dan Duat se-Asia Tenggara ini:

1. Ajaran Islam diturunkan untuk seluruh manusia, bahkan untuk jin sekalipun.

2. Dalil khusus sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,

tazawwaju

 

 

“Nikahilah wanita yang penyayang dan subur karena aku berbangga dengan banyaknya ummatku di hadapan para nabi pada hari kiamat.”

3.  Sisi pendalilan dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surah al-Anfal: 65-66 menunjukkan bahwa perjuangan Islam ada kaitannya dengan jumlah.

anfal

“Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. jika ada dua puluh orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.  Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. dan Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 65—66).

4. Dalil aqli, kenyataan bahwa kondisi kaum muslimin saat ini pada daerah-daerah yang mayoritas berpenduduk      Islam, kualitas keislaman  mereka pada umumnya masih lebih baik.

Kendati dalil-dalilnya jelas, ada saja kaum muslimin yang tidak menyadari hal ini, entah karena tidak sadar, tidak peduli, atau pun karena syubhat. Karena itu, pada kesempatan ini pula, Ustadz Muhammad Zaitun menyebutkan beberapa syubhat terkait persoalan memperbanyak jumlah kader beserta tanggapan untuk syubhat-syubhat tersebut.

Syubhat Pertama

“Yang penting adalah kualitas”. Seolah-olah mereka mengatakan bahwa persoalan kuantitas tidak urgen.

Menanggapi syubhat ini, Ustadz Zaitun mengatakan, “Betul bahwa kualitas itu penting, tapi tidak menafikan pentingnya persoalan jumlah.  Ketika kita mengatakan bahwa jumlah atau kuantitas itu penting, maka tidak berarti bahwa kualitas yang ingin diraih adalah sama bagi semua orang. Tapi yang dimaksud adalah kualitas standar. Tidak berarti semuanya harus memiliki kualitas terbaik. Bahkan para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sekalipun kualitasnya bertingkat-tingkat.”

Kualitas standar yang dimaksud seperti mengetahui hal-hal yang harus diketahui oleh seorang hamba. Dalam hal akidah misalnya, minimal tidak terjatuh pada perkara-perkara syirik. Ibadah, mengetahui dan melaksanakan perkara-perkara yang wajib dan meninggalkan hal-hal yang diharamkan. Dalam perkara dakwah, paling tidak memiliki kepedulian untuk mendakwahi keluarga, tetangga, dan teman-teman dekatnya.

Adakalanya, pada kondisi-kondisi tertentu sudah sangat sulit untuk meningkatkan kualitas. Berbagai cara dan seluruh potensi sudah dikerahkan namun tetap saja tak membawa hasil. Maka pada saat seperti ini, untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan potensi yang ada, strategi yang ditempuh adalah dengan menambah jumlah.

Syubhat Kedua

“Yang dianggap menambah jumlah adalah jika orang kafir yang masuk Islam.”

Tanggapan Ustadz Muhammad Zaitun, “Jangan menutup mata akan fenomena banyaknya kaum muslimin yang mengaku Islam namun pada hakikatnya telah keluar dari Islam. Kita tahu ada nawaqidhul Islam (pembatal-pembatal keislaman). Karenanya, menyelamatkan mereka tak beda dengan mengajak orang luar Islam masuk Islam.

Selain itu, jika mereka dapat ditarbiyah dan ditingkatkan kualitasnya, maka kehadiran mereka dapat menambah kekuatan barisan kaum muslimin.”

Karena alasan-alasan inilah, pimpinan Wahdah Islamiyah dalam menunjang langkah percepatan jumlah kader ini mencanangkan program Getar Nusantara (Gema Tarbiyah Nusantara).

Loading

Tinggalkan Balasan