(STIBA.ac.id) Makassar –  Mahasiswa KKN di Posko Desa Bilanrengi melalui hari-hari mereka dengan beragam kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini telah mereka canangkan dalam seminar program kerja di awal kedatangan mereka. Proker-proker tersebut lebih dominan terkait keagamaan. Tujuannya untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat tentang agama Islam secara umum, dan secara khusus pengembangan kualitas bacaan Alquran masyarakat.

Di siang hari, setelah melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) di Sekolah MTs Tonrokombang dan MI Tonrokombang, mahasiswa KKN melanjutkan agendanya dengan tahsinul qira’ah (perbaikan bacaan Alquran) seluruh siswa MTs Tonrokombang dan remaja desa setempat.

Sore harinya mereka membina empat TK/TPA yang ada di desa tersebut. Bakda Magrib dilanjutkan dengan mengajar orang tua mengaji melalui program Dirosa.

Beragam kesibukan membina masyarakat yang sambung-menyambung tentu saja membuat mereka letih. Namun harapan agar apa yang mereka lakukan membawa manfaat bagi masyarakat desa dan bernilai pahala di sisi Allah mampu mengalahkan rasa lelah mereka.

Kehadiran mahasiswa KKN STIBA Makassar Angkatan III mendapat apresiasi dari aparat permerintah setempat, warga, remaja, dan seluruh kalangan masyarakat. Termasuk di Desa Bilanrengi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Terbukti dari ungkapan Kepala Desa Bilanrengi Samsul Bahri, S.E. yang mengatakan bahwa masyarakatnya sering menanyakan kapan lagi mahasiswa KKN STIBA datang ke desa mereka.

Ada yang berbeda dari mahasiswa KKN STIBA Makassar jika dibandingkan dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Menurut Samsul, rata-rata mahasiswa dari perguruan tinggi lain tidak berani untuk menyampaikan kultum. Sosialisasi di bidang keagamaannya juga kurang.

“Hal ini yang membuat kita harus banyak-banyak bersyukur atas keberadaan KKN STIBA ini. Karena itu mari kita mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari mereka,” ujar Samsul Bahri saat memberi sambutan pada kegiatan Jumat Ibadah.

Laporan: Darussalam

Loading

Tinggalkan Balasan