(STIBA.ac.id) Bogor –  Kepala Bagian Perencanaan dan Pengendalian Sistem Mutu STIBA Makassar Ustaz Askar Fatahuddin, S.Si., M.E.I. mengikuti Sekolah Manajemen Wakaf di Bogor, Rabu-Sabtu (4-7/03/2020). Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama  Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN dan Gelora Wakaf.

Acara yang berlangsung di Pesantren Tahfizh Enterpreuner Tursina YBM PLN Cisarua, Bogor ini diikuti oleh 25 peserta terpilih dari lebih 580 orang pendaftar. Para peserta terdiri dari berbagai latar belakang lembaga, seperti yayasan, dewan masjid, dan perguruan tinggi.

Pada sesi pembukaan, Wakil Direktur Pascasarjana UIKA memaparkan pentingnya edukasi yang baik kepada para masyarakat tentang wakaf. Menurutnya wakaf adalah salah satu  syiar Islam yang cukup lama terpendam, sehingga upaya membumikan kembali wakaf adalah bagian dari ruh Islam sendiri.

Sesi sambutan selanjutnya dibawakan oleh H. Herry Hasanuddin, M.B.A. selaku Wakil Direktur III YBM PLN. Ia menyebutkan bahwa Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN akan senantiasa bersinergi dengan pihak-pihak yang ingin mengembangkan wakaf terutama wakaf produktif. Hal ini ia maksudkan untuk kemaslahatan umat dan secara khusus kaum yatim dan dhuafa.

Hari pertama Sekolah Manajemen Wakaf ini, Prof. K.H. Didin Hafhiduddin, M.S. selaku pemateri pertama membawakan materi “Wakaf sebagai Pilar Ekonomi Islam”. Ia menjelaskan sejarah wakaf dalam pemberdayaan ekonomi umat. Termasuk contoh wakaf sahabat Usman bin Affan raddhiyyallahu anhu berupa hotel yang saat ini dibangun dari Sumur Raumah. Juga perkembangan wakaf di Saudi Arabia, negara Barat, Singapura, dan Malaysia.

Sebagai pemateri kedua Ustad Ahmad Ridwan, Lc. selaku anggota Dewan Syariah YBM PLN membawa materi “Jejak Gemilang Wakaf”. Pemateri selanjutnya Prof. Dr. Amin Suma selaku ketua Dewan Syariah YBM PLN dengan Materi  Fikih Wakaf. Sementara pemateri keempat adalah Ir. Heppy Trenggono, M.Kom. selaku Presiden IIBF.

Di hari Kedua yang tidak kalah menarik adalah materi yang dipaparkan oleh Wakil Direktur BWI Ustaz Hendri Tanjung, Ph.D. Ia juga merupakan penggagas dari Sekolah Manajemen Wakaf. Dalam penjelasannya ia mengatakan bahwa pasal-pasal yang banyak ditanyakan oleh para nazir wakaf di Indonesia adalah pasal 3, 5, 12, dan 15.

Materi yang sangat menarik lainnya adalah paparan dari Eri  Sudewo selaku founder Dompet Dhuafa, ACT dan BAW. Kemudian Bobby Manulang Selaku GM Wakaf Dompet Dhuafa, Asep Irawan selaku CEO Sinergi Foundation dan Dr. Imam Teguh Saptono, M.M. Para pemateri memaparkan bentuk-bentuk pengembangan wakaf produktif dan manajemennya seperti rumah sakit bersalin gratis, pendidikan dan pesantren gratis untuk yatim dhuafa, Taman Makam Firdaus, hotel dan apartemen syariah, pasar syariah, wakaf saham dan investasi dan lain sebagainya. Semua itu dapat dicapai dengan pengelolaan wakaf produktif oleh nazhir yang amanah dan profesional. Oleh karena itu sangat penting untuk merekrut para pengusaha yang berwawasan nazhir. Potensi Wakaf Produktif di Indonesia sangat besar terlebih dengan dinobatkannya Indonesia sebagai negara paling dermawan oleh Charities Aid Foundation (CAF) pada tahun 2018.

Pada penutupan kegiatan, kembali Co-Founder Sekolah Manajemen Wakaf Ahmad Alam, M.E. menegaskan bahwa target pengelolaan wakaf 1000 T oleh Gelora Wakaf yang digagas oleh Bobby Herwibowo (Pembina GEW Foundation) adalah sebuah keniscayaan ketika kita bersungguh-sungguh menjadi nazhir yang amanah dan profesional. Karena itu butuh sinergi dan penguatan yang berlanjut. Di antaranya melalui Sekolah Manajemen Wakaf II yang menargetkan para pengusaha berwawasan nazhir yang telah mendapatkan persetujuan dari Direktur YBM PLN saat ini Ir. H. Helmi Najamuddin, M.Eng.Sc.

Loading

Tinggalkan Balasan