(STIBA.ac.id) Makassar –  STIBA Makassar menggelar Musyawarah Kerja  Semesteran XXIII di lantai empat Gedung Rektorat Kampus STIBA Makassar, Selasa—Kamis (6-8/07/2021). Muskersem ini diikuti oleh seluruh bidang dan unit kerja di STIBA Makassar. Musyawarah berlangsung daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Muskersem XXIII STIBA Makassar dibuka oleh Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. selaku Ketua Senat STIBA Makassar. Dalam sambutannya, Ustaz Yusran menyampaikan wasiat-wasiat penting.

“Musker sepeti ini walaupun dibandingkan dengan hari yang kita  lewati di mahad sangat singkat. Namun, kadang kira rasakan ini adalah hari-hari yang berat. Karena di sinilah kita akan melihat dan dilihat sejauh mana kira melaksanakan amanah-amanah yang dibebankan kepada kita,” ungkap Ustaz Yusran.

Hal ini menjadi pelajaran bagi setiap orang, kalau saja di sidang duniawai walaupun sifatnya masih internal sudah terasa berat, bagaimana lagi di hari kiamat kelak.

Bagi sebagian pengelola yang baru bergabung di tahun-tahun terakhir ini akan menganggap apa yang telah diraih oleh STIBA saat ini biasa-biasa saja. Apatah lagi yang pernah berada di lembaga yang fasilitasnya jauh di atas STIBA.

“Namun yang melalui setiap fase STIBA, bisa membandingkan baik dari segi jumlah maupun fasilitas, maka akan tahu bahwa ini adalah nikmat besar. Kita telah melewati masa-masa sulit dan sekarang di masa banyak kemudahan. Kalau di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebut fase Mekkah,” ujar Ustaz Yusran.

Karena itu, ia mengajak para pengelola untuk bersyukur dengan mengembalikan semua nikmat itu kepada Allah.

“Nikmat ini semua datang dari Allah, bukan karena kita. Nikmat ini datangnya dari Allah untuk  menguji kita, kita bersyukur atau kufur,” tuturnya.

Maka di antara bentuk bersyukur, kata Ustaz Yusran adalah dengan bersabar terhadap segala ujian dan tidak menyia-nyiakan amanah.

“Hendaknya kita menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, karena manusia yang terbaik adalah manusia yang memanfaatkan apa yang diamanahkan padanya pada waktu tersebut,” ujar Ketua Dewan Syariah WI tersebut.

Para pengelola juga diingatkan untuk  kuat dan tidak lemah dalam menerima amanah yang diberikan dan tidak banyak mengeluh dan menolak amanah.

“Saat ini hendaknya kita banyak meminta pertolongan dari Allah dan tidak mengeluh dan menolak amanah. Jangan meminta diringankan beban untuk punggung kita, tapi mintalah punggung yang kuat untuk memikul beban tersebut. Karena mukmin yang kuat lebih disukai dibanding mukmin yang lemah,” kata Ustaz Yusran.

Hal lain yang juga diwasiatkan Ustaz Yusran adalah pesan menjaga kesolidan dengan senantiasa musyawarah dalam memutuskan setiap perkara, sebagai upaya untuk mengarahkan dan menyatukan visi dalam menjalankan amanah yang ada di STIBA Makassar.

“Hendaknya kita menjaga kesolidan. Dan untuk menggapai itu adalah dengan bermusyawarah. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang paling kuat dan benar perkataannya, tetapi selalu melakukan musyawarah dengan para sahabatnya,” ujarnya.

Ustaz Ahmad Hanafi Daun Yunta, Lc., M.A., Ph.D. selaku ketua STIBA Makassar juga menyampaikan kepada para pengelola STIBA agar turut aktif dalam menjalankan Muskersem dan saling mendukung dalam menjalankan amanah setiap bidang.

Muskersem XXIII berlangsung selama tiga hari, dan ditutup pada Kamis malam (8/07/2021).

Reporter: Isra Syarif

Loading

Tinggalkan Balasan