(STIBA.ac.id) Makassar –  Sebanyak 275 alumni STIBA Makassar dan 64 alumni Tadribud Du’at dilepas secara resmi ke daerah tugas masing-masing. Pelepasan dai tersebut berlangsung dalam Tablig Akbar Nasional yang digelar oleh Ormas Islam Wahdah Islamiyah di Gedung Aisyah Kampus STIBA Makassar.

Ketua Departemen Urusan Wilayah dan Daerah Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah Ustaz Akino melaporkan bahwa ada 233 titik yang akan diisi sebanyak 345 orang dai dan daiyah Wahdah Islamiyah.

“Untuk kampus STIBA dikirim 130 orang dai dan 145 orang daiyah, untuk sekolah dai dikirim 43 orang dai dan 21 orang daiyah, sementara dari tataran kampus masing-masing dua perwakilan, jadi total 345 orang yang dilepas untuk berdakwah ke masyarakat,” katanya.

Alfian Uwais, salah seorang alumni STIBA yang diutus ke Papua mengisahkan pengalamannya ketika mengikuti tes wawancara saat akan masuk STIBA. Ia ditanya oleh ustaz pewawancara, “Apakah Antum siap diutus menjadi dai setelah lulus dari STIBA?”

Pertanyaan itu dijawab tegas Alfian dengan mengatakan ia bahkan siap diutus ke Papua. Dan ternyata jawabannya empat tahun silam itu menjadi kenyataan.  

“Takdir Allah memang selalu indah dan terbaik,” ujarnya.

Berstatus alumni dan harus meninggalkan kampus STIBA Makassar menuju daerah tugas, Alfian mengungkapkan perasaannya dalam media sosialnya:

Rasanya tak ingin meninggalkan tempat ini

Berada di bawah bimbingan asatidzah dalam lautan ilmu

Dan suasana yang takkan kita dapatkan di tempat lain.

Menghafal Al-Qur’an  bakda Subuh

Menghabiskan setengah hari dalam kelas

Menelaah kitab-kitab penuh semangat

Duduk bersama ikhwan dalam majelis taklim dan tarbiah

Suasana seperti itu akan benar-benar dirindukan.

Namun urusan umat di pelosok negeri telah menanti

Ilmu Islam yang telah didapatkan harus disebarkan ke setiap insan.

Perjuangan yang sebenarnya baru dimulai

Singsingkan lengan bajumu kawan,

saatnya mengabdi untuk umat.

Insyaallah kita akan berjumpa lagi.

Kalaupun tidak semoga Allah mengumpulkan kita kembali di surga-Nya.

Aamiin ya rabbal alamin

Loading