(STIBA.ac.id) Makassar –  Daurah 10 Hari Menghafal dan Murajaah Al-Qur’an (M2Q) Jilid 10 yang diselenggarakan oleh UKM Raudhatul Huffaazh Putra STIBA Makassar resmi ditutup pada Kamis (11/01/2024). Acara penutupan dihadiri oleh seluruh peserta, muhaffiz, dan panitia.

Acara penutupan diisi dengan tausiyah dari Ustaz Rachmat bin Badani Tempo, Lc., M.A. Wakil Ketua I Bidang Akademik ini menyampaikan bahwa menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu karunia dan nikmat Allah yang sangat besar.

Kegiatan Daurah M2Q dimulai sejak sebelum Subuh, di mana peserta melaksanakan salat Lail dan kemudian fokus pada kegiatan menghafal dan murajaah Al-Qur’an. Di sela-sela kegiatan menghafal dan murajaah, peserta diberi waktu untuk berolahraga. Para peserta menutup kegiatan hariannya dengan evaluasi dan briefing oleh beberapa ustaz pendamping.

Puncak acara adalah pemberian apresiasi kepada peserta Daurah 10 Hari M2Q Jilid X dalam beberapa kategori.

Kategori Hafalan Terbanyak: Khaerul, mahasiswa PM semester 6, dengan capaian 9 Juz.

Kategori Murajaah Terbanyak: Muhammad Thoriq Syaifullah, mahasiswa PM 2, dengan capaian 20 Juz.

Peserta Teladan: Irgi Dwi Susanto

Muhaffiz Teladan: Tholhah As-Sajjad Possumah

Panitia Teladan: Muh. Nur Aziizy Al-Qadri.

Acara yang sama juga berlangsung di Kampus Putri STIBA Makassar untuk para peserta muslimah. Pada kesempatan ini, Ustazah Armida, Lc., sebagai Wakil Ketua Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Bahasa Arab STIBA Makassar menyampaikan bahwa perjuangan menjaga hafalan Al-Qur’an lebih mudah daripada perjuangan menyelesaikan hafalan Al-Qur’an.

“Membangkitkan kembali manusia setelah kematian jauh lebih mudah daripada penciptaan yang pertama. Begitu pula, menjaga hafalan Al-Qur’an lebih mudah daripada menghafalnya dari awal,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, Ustazah Kurnaemi Anita, S.T., S.H., M.E. selaku narasumber dalam kegiatan tersebut, menyampaikan tips agar hafalan Al-Qur’an itqan, yakni dengan murajaah secara rutin, tidak terlalu cepat dalam membaca Al-Qur’an, dan menjauhi maksiat.

“Surga memiliki 6.230 tingkat (khilaf ulama) sebagaimana jumlah ayat dalam Al-Qur’an. Semoga yang telah selesai dari proses menghafal Al-Qur’an dimudahkan untuk istikamah memurajaahnya,” pesannya.

Dari 40 peserta yang mengikuti daurah, sebanyak 67% berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Selain itu, salah satu peserta, Risma Rani Al-Hamdani, berhasil menyelesaikan setoran hafalan terakhirnya.

Di penghujung acara, panitia mengumumkan pemenang kategori Daurah 10 Hari Menghafal Al-Qur’an. Adapun daftar pemenang kategori sebagai berikut:

Muhaffidzah Teladan: Risma Rani Al-Hamdani

Peserta Ziyadah Terbanyak: Aisyah Darwis

Peserta Murajaah Terbanyak: Nuralisa

Peserta Teladan: Rizki Amalia

Panitia Teladan: Aulia Fitria

Peserta Nilai Tertinggi Ikhtibar: Risma Rani Al-Hamdani

Di akhir acara, panitia menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh partisipan, sponsor, dan donatur yang telah berperan serta dalam menyukseskan acara ini.

Reporter: Azyad Khairi

Loading