(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar dari Posko 2 dan Posko 3 Kelurahan Borong berhasil menyelenggarakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Perdana dengan tema “Mengurus Jenazah Sesuai Tuntunan Rasulullah ﷺ”.

Acara pelatihan ini berlangsung di Masjid Babuttaubah, Lingkungan Ammarang, Kelurahan Borong, Maros pada Jumat, 18 Ramadan 1445 H (29/03/2024) dan dihadiri oleh lebih dari 45 muslimah dari se-Kelurahan Borong.

Ketua Panitia menyampaikan harapannya bahwa melalui pelatihan ini, peserta dapat menambah pengetahuan tentang tata cara mengurus jenazah sesuai sunah Rasulullah dan membentuk tim penyelenggaraan jenazah di Kelurahan Borong.

Ustazah Tri Ismiati sebagai pemateri memaparkan materi mulai dari persiapan sebelum seseorang meninggal, seperti berwasiat kepada keluarga, hingga proses pengurusan jenazah sesuai tata cara Islam. Materi juga mencakup tata cara mengukur, memandikan, dan membungkus jenazah. Ustazah juga mengajak peserta untuk tidak takut dalam menjalankan tugas mengurus jenazah.

“Kami menekankan pentingnya mengikuti tuntunan Rasulullah dalam pengurusan jenazah. Banyak di antara kita yang masih mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak diajarkan oleh beliau, seperti berdoa ketika memandikan jenazah, padahal tidak ada doa khusus untuk hal itu,” ujar salah satu pengurus Muslimah Wahdah Maros.

Setelah sesi pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi praktik yang dipandu oleh Ustazah Syarifah Mukhlisah Yasin, S.H. Para peserta dengan antusias mengikuti proses praktik mulai dari mengukur kain, memandikan, hingga membungkus jenazah.

Ibu Samiati, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan kesannya bahwa dia merasa sangat bersyukur atas adanya pelatihan ini.

“Sebelumnya saya sendiri tidak tahu cara menyelenggarakan jenazah. Warga sekitar hanya asal mengukur sehingga ketika dibungkus kainnya kurang. Senang rasanya dari pelatihan ini kita semua bisa tahu tata cara penyelenggaraan jenazah yang benar,” ujarnya.

Pada akhir sesi, terbentuklah tim penyelenggaraan jenazah yang terdiri dari 5 orang sebagai perwakilan Kelurahan Borong. Tim ini siap dipanggil untuk mengurus jenazah perempuan. Tim tersebut terdiri dari:

1. Ibu Beda

2. Ibu Tasa

3. Ibu Ngasseng

4. Ibu Nurjannah

5. Ibu Hairiyyah

Reporter: Annisa Tiara Ramadhani

Loading