(STIBA.ac.id) Maros –  Kegiatan pelatihan penyelenggaraan jenazah yang mengusung tema “Mengurus Jenazah Sesuai Tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam” sukses digelar oleh mahasiswa KKN VII STIBA Makassar Desa Allaere melalui kolaborasi tiga Posko. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 21 Ramadhan 1445 H (01/03/2024) di dua lokasi berbeda, yakni Balai Desa (untuk peserta laki-laki) dan Masjid Nurul Rahmah Dusun Bonto Tangnga (untuk peserta perempuan). Partisipasi dalam acara di Balai Desa melibatkan sembilan peserta, termasuk utusan dari setiap dusun dan peserta umum. Sementara itu, di Masjid Nurul Rahmah, jumlah peserta mencapai 21 orang.

Di Balai Desa, kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia Kegiatan, Munawir. Dalam sambutannya, Munawir menekankan pentingnya penyelenggaraan jenazah dalam kehidupan umat Islam. Dia berharap bahwa pelatihan ini akan memberikan pengetahuan yang berguna bagi peserta, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas mereka sebagai umat Islam dengan lebih baik.

Di waktu yang sama, di Masjid Nurul Rahmah, acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Siti Rohani, Kepala Desa Allaere. Ia mengucapkan terima kasih kepada mahasiswi KKN STIBA Makassar karena telah menyelenggarakan kegiatan ini di Desa Allaere serta membentuk Tim Penyelenggaraan Jenazah.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri-pemateri ahli, seperti Ketua Khidmat Al-Qur’an DPD Wahdah Islamiyah Maros, Ustaz Saiful Kambali, S.H.I, dan Pengurus P2KS Muslimah serta Pengurus Muslimah Wahdah Islamiyah Maros, Ustazah Tri Ismiati dan Ustazah Syarifah Mukhlisa Yasin, S.H. Materi yang disampaikan mencakup urgensi penyelenggaraan jenazah, persiapan sebelum seseorang meninggal, hingga proses penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ajaran Islam. Materi juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang membahas adat istiadat dalam memandikan jenazah apakah sudah sesuai dengan sunah Nabi atau tidak.

Setelah sesi pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi praktik yang mendapat perhatian besar dari para peserta, mulai dari mengukur kain hingga proses memandikan dan mengafani jenazah. Salah satu peserta mengungkapkan rasa syukurnya atas diadakannya pelatihan ini karena kini ia lebih memahami penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan, dibentuklah Tim Penyelenggaraan Jenazah yang akan diresmikan dalam acara Tablig Akbar. Tim tersebut terdiri dari utusan penyelenggaraan jenazah perempuan dan laki-laki yang berasal dari berbagai dusun di Desa Allaere.

Adapun Tim penyelenggaran jenazah perempuan terdiri dari:

1. Sayana Dg. Nurung

2. Hadiyah

3. St. Aminah

4. Hartati Mansyur

5. Indrawati

6. Muliati

7. Dg. Jinne

8. Hawang Karaeng Sagga

Sedangkan Tim utusan penyelenggaraan jenazah laki-laki terdiri dari:

1. Muh. Yahya (utusan Tanadidi dan Imam Masjid Nurul Afiat)

2. H. Kalu Dg. Sanre (utusan Biringkaloro dan Imam Masjid H. Abd. Rahman Rahmatiah Tama’la’lang)

3. Alimuddin Dg. Ngemba (utusan Biringkaloro dan Muadzin Masjid Tama’la’lang)

4. Arsyad Karaeng Nanjeng (Imam Masjid Abu Bakar)

5. Dg. Pata (utusan Bonto Tangnga)

Reporter: Muh. Radhy Makmur, Mutia Tulqarimah dan Nurfaikah Nasrulla

Loading